Inilah 5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Gempa Terjadi – PT Solid Gold Berjangka

PT SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG – Gempa bumi merupakan salah satu bencana alam yang cukup memakan korban jiwa.

Sebut saja gempa di Lombok yang baru saja terjadi beberapa waktu lalu, total jumlah korban meninggal sebanyak 555 jiwa dan 390.529 jiwa penduduk mengungsi.

Jumlah tersebut menunjukkan betapa mengerikannya bencana gempa di Lombok.

Berhubungan dengan itu, Quipper Blog kali ini akan memberikan beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika gempa terjadi. Inilah 5 hal yang harus dilakukan saat gempa yang wajib kamu ingat

Jangan Panik

Hal yang harus dilakukan saat gempa pertama kali dan paling utama ialah jangan panik, Quipperian! Bila kamu panik, kamu tidak dapat berpikir jernih dan malah akan membuatmu terjebak dengan situasi yang membahayakan.

Supaya bisa tenang saat gempa terjadi, kamu harus fokus. Kamu bisa tarik napas terlebih dahulu sebelum bertindak. Ingat apa saja yang harus diselamatkan pertama kali.

Tentu saja, hal yang harus diselamatkan pertama kali ialah orang-orang terkasih.

Selain itu, pikiran yang fokus itu akan membantumu untuk melakukan tindakan penyelamatan dengan tepat. Kamu bisa langsung bertindak tepat dengan pikiran yang fokus dan tenang.

Matikan Kompor

Ketika gempa terjadi, ingatlah untuk mematikan kompor. Sebab, saat gempa terjadi, bila kompor masih menyala dapat berpotensi meledak dan terjadinya kebakaran.

Untuk itu, kamu harus segera mematikan kompor. Selain itu, baiknya kamu juga jauhi daerah dapur saat gempa terjadi. Agar, saat terjadi kompor meledak, kamu bisa lebih cepat mengamankan diri dan tidak terkena dampak ledakannya.

Adapun, untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran saat gempa, kamu harus menempatkan satu ember air dan kain basah di sekitar lokasi kompor.

Dengan begitu, saat kompor terlihat akan terbakar, kamu bisa mematikannya langsung dengan kain basah.

Berlindung di Bawah Meja atau Tempat Tidur yang Kokoh

Ketika gempa terjadi dan kamu ada di dalam rumah atau gedung, kamu bisa berlindung di bawah meja yang kokoh. Berlindung di bawah meja sejatinya dapat menghindari kamu tertimpa reruntuhan atap.

Ketika atap runtuh, reruntuhannya akan menimpa meja terlebih dahulu ketimbang tubuhmu.

Namun, baiknya kamu memilih meja yang kokoh dengan kaki-kaki dari besi atau kayu kokoh. Bila mejanya tidak kokoh, justru kamu ikut tertimbun dalam reruntuhan atap.

Seandainya kamu berada di kamar tidur, baiknya kamu segera berlindung di bawah tempat tidur. Alasannya sama dan diwajibkan tempat tidur itu haruslah tempat tidur yang kokoh.

Dengan berlindung di bawah meja atau tempat tidur, kemungkinan kamu hidup tertimbun di bawah reruntuhan masih besar. Sebab, ruang yang tercipta di bawah meja atau tempat tidur cukup melindungimu hingga bantuan datang.

Keluar dari Kendaraan yang Bergerak

Bila kamu sedang di dalam kendaraan yang bergerak saat terjadi gempa bumi, hendaknya kamu segera keluar dari kendaraan tersebut. Tapi, ingat! Jangan panik saat keluar dari kendaraan dan kamu harus tetap tenang.

Alasan utama kamu harus keluar ialah di dalam kendaraan bergerak membuatmu tidak memiliki ruang untuk menyelamatkan diri.

Selain itu, saat gempa terjadi, kendaraan pun ikut terombang-ambing dan berpotensi terbalik. Oleh sebab itu, berada di dalam kendaraan yang bergerak saat gempa terjadi tidak disarankan.

Setelah keluar dari kendaraan, hal yang harus kamu lakukan selanjutnya ialah berlari menuju tempat yang terbuka, jauh dari gedung-gedung tinggi.

Kamu harus lari ke ruang terbuka agar kamu tidak tertimpa reruntuhan gedung tinggi yang ada.

Menjauh dari Bibir Pantai

Kalau kamu tinggal dekat dengan pantai, hal yang harus dilakukan saat gempa adalah sebaiknya segera berlari menjauh dari bibir pantai.

Sebab, saat gempa terjadi, selalu muncul kemungkinan terjadinya tsunami. Apalagi, bila titik gempanya terjadi di laut. Hal itu akan meningkatkan kemungkinan terjadinya tsunami.

Berlari menjauh dari bibir pantai setidaknya meningkatkan persentase keselamatanmu. Berlarilah menuju tempat yang lebih tinggi agar kamu tidak terjangkau dari hempasan tsunami.

Adapun, kamu jangan menuju gedung untuk menghindari tsunami. Sebab, bisa jadi malah fondasi gedung tersebut bisa runtuh akibat guncangan gempa.

Bila kamu bisa memanjat pohon, itu lebih baik ketimbang kamu menaiki gedung. Sebab, pohon tinggi biasanya lebih kokoh dari gedung tinggi.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan saat gempa terjadi. Demi mempersiapkan diri sebelum terjadinya gempa, ada baiknya segala dokumen penting yang kamu miliki,

seperti ijazah, akta kelahiran, surat-surat berharga lainnya sudah kamu tempatan dalam satu koper yang mudah dibawa.

Dengan begitu, kamu dapat menyelamatkan dokumen-dokumen itu dengan cepat. Menyelamatkan dokumen-dokumen itu penting karena ketika hilang mengurusnya akan memakan waktu lama – PT SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : quipper