4 Tips Untuk Yang Mudik Pakai Sepeda Motor – Solid Gold

SOLID GOLD PALEMBANG – Salah satu tradisi menjelang hari raya Idul Fitri adalah mudik. Tahukah apa itu mudik? Mudik berasal dari singkatan bahasa Jawa yaitu “mulih dilik” yang dalam bahasa Indonesia berarti pulang sebentar.

Ada juga yang mengatakan, mudi adalah “mulih udik” atau dalam bahasa Indonesia pulang desa. Namun pada intinya setiap menjelang lebaran,

orang-orang yang merantau atau tinggal di luar kota akan pulang kembali ke desa asalnya untuk menghabiskan waktu lebaran bersama keluarga besar tercinta.

Mudik lebaran tidak harus menggunakan sarana transportasi umum, seperti bus atau kereta api. Banyak orang yang memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi, salah satunya adalah motor.

Meskipun, ketika mudik menggunakan motor akan sedikit ribet jika barang bawaannya banyak, namun mudik menggunakan motor juga menyenangkan loh.

Berikut beberapa tips agar perjalanan mudik menggunakan motor bisa berjalan lancar dan aman.

Siapkan Mental Anda

Menggunakan sepeda motor adalah alternatif terakhir anda untuk mudik, jika memang demikian buat senang perasaan anda, hilangkan beban, perasaan was-was,

kekhawatiran yang berlebihan, bangun perasaan didalam jiwa bahwa mudik dengan sepeda motor itu kegiatan yang menyenangkan.

Menjaga Kondisi Fisik

Sebelum mudik, jangan lupa untuk menjaga kondisi fisik. Apalagi jika perjalanan jauh dan dalam kondisi puasa, maka sangat menuntut kondisi fisik yang prima.

Istirahat yang cukup sangat penting, jangan memaksakan diri jika kondisi tubuh sedang tidak fit karena kan membahayakan keselamatan diri dan keluarga saat mudik.

Siapkan Pengetahuan Anda

Perluas pengetahuan anda tentang rencana mudik yang akan dilaksanakan, meliputi kondisi rute, kondisi sepeda motor dan informasi lainnya yang berkaitan dengan mudik.

Peta mudik berikut informasi tambahan lain biasanya terbit di Koran-koran Nasional H-7 s.d H-3.

Siapkan Sepeda Motor Anda

Cara yang cepat dan pasti adalah membawa sepeda motor anda ke bengkel terpercaya, sampaikan ke mekanik bahwa motor tersebut akan dibawa oleh anda sebagai alat transportasi mudik.

Sebaiknya lakukan pemeriksaan dan perbaikan 1 minggu sebelum dipakai mudik, sehingga anda memiliki waktu yang cukup untuk beradaptasi kembali dengan motor anda terutama jika ada perbaikan lanjutan.

Pastikan kelengkapan standar motor berfungsi dengan baik, kaca spion, sistim kelistrikan ( CDI, Head lamp, Sign lamp, horn, Fuse system, busi ), sistem pengereman ( Kanvas rem, minyak rem, kabel rem ) , sistem penggerak ( kopling, gear, ban, rantai, v-belt dll ) dan Chasis.