Tips Lebaran Aman Dari Covid – Solid Gold Berjangka

SOLID BERJANGKA PALEMBANG – Tim Mitigasi Covid-19 PB IDI, dr Ulul Albab mengingatkan pentingnya tetap menerapkan protokol kesehatan saat Lebaran demi mencegah lonjakan kasus Covid-19 setelahnya.

Dokter spesialis obstetri & ginekologi itu menyoroti euforia terkait momen bersilaturahmi bersama keluarga saat Lebaran yang rentan membuat orang orang kendor pada protokol kesehatan seperti melepas masker, tidak menjaga jarak, dantidak mencuci tangan.

Dia mengatakan, melonjaknya kasus Covid-19 di India beberapa waktu lalu salah satunya usai masyarakat setempat melakukan ritual keagamaan kemudian menyebabkan kerumunan orang.

Hal serupa diharapkan tidak terjadi di Indonesia. Idulfitri sebagai momentum kemenangan bagi para Muslim dengan segala tradisi termasuk berkumpul bersama keluarga semoga tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19.

Walau memang pada kenyataannya masih ada orang yang berusaha menyiasati larangan ini dengan melakukan mudik lebih awal.

Kami sangat setuju saat pemerintah menyatakan mudik dilarang, yang dilarang bukan masalah mudik, tetapi pergerakan dan pengumpulan massa di satu waktu dan tempat ujar Ulul.

Mudik sebuah budaya yang sudah mengakar, tetapi kita tidak ingin berimbas seperti India. Jangan sampai muncul muncul klaster mudik,” tutur Khidri.

Terkait pemilihan masker, Anda disarankan mengenakan masker bedah ketimbang kain karena memiliki level proteksi lebih baik.

Pastikan masker yang dipakai pas di wajah, tali tidak longgar, masker menutupihidung dan mulut dan waktu pemakaian masker pun dibatasi tidak lebih dari empat jam.

Segeralah ganti masker Anda bila kondisinya basah dan bawalah masker cadangan di dalam wadah khusus.

Di sisi lain, pastikan kondisi Anda fit atau tidak memaksakandiri saat mengalami masalah kesehatan walaupun itu batuk pilek untuk keluar rumah apalagi berlibur – SOLID GOLD BERJANGKA