Ini Tips Dalam Menggunakan Uang THR – Solid Gold Berjangka

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG – Anda kini bisa memulai rencana memanfaatkan THR dengan baik. Ada beberapa ide penggunaan THR yang bisa Anda timbang berikut ini, sesuai urutan prioritas dan perkiraan alokasinya:

Membayar utang mendesak

Utang harus dibayar. Terlebih bila bunga utang tersebut bakal semakin mahal dan bisa menjadi bencana keuangan bila tidak lekas Anda lunasi. Bila Anda menghadapi kondisi demikian, maka gunakanlah THR untuk melunasi utang
mendesak tersebut.

Sisihkan untuk tabungan dan asuransi

Mengelola pemanfaatan THR sama halnya dengan mengelola bujet bulanan. Upayakan untuk menyisihkan minimal 10% dari THR untuk dana darurat.

Jadi, misalnya THR Anda tahun ini mencapai Rp10 juta, sisihkan Rp1 juta untuk ditabung di pos dana darurat. Anda masih memiliki sisa Rp9 juta untuk pos lain yang sama penting.

Bila Anda belum memiliki asuransi, Anda bisa memanfaatkan THR untuk melengkapi kebutuhan asuransi. Alokasikan pengeluaran untuk asuransi sekitar 10% dari pendapatan. Dengan begitu, pendapatan ekstra Anda memberi manfaat yang lebih lama.

Pengeluaran mudik

Jika Anda belum memiliki persiapan dana yang memadai untuk hajat mudik, gunakan THR untuk membiayai kebutuhan pulang kampung tersebut.

Alokasikan sesuai kebutuhan mulai dari biaya tiket, biaya hidup selama di kampung halaman, oleh-oleh untuk kerabat, sampai ongkos kembali ke rumah.

Bagaimana bila Anda tidak mudik pada Lebaran tahun ini? Pos ini bisa Anda hapus dan alokasikan ke hal lain sesuai prioritas urgensi.

Apakah boleh misalnya digunakan untuk biaya liburan? Sah-sah saja bila Anda pakai THR untuk biaya liburan. Cuma, tetap terapkan prinsip disiplin bujet supaya  THR Anda tidak habis untuk keperluan konsumtif semata.

Pengeluaran hari raya

Kebutuhan hari raya memang tidak sedikit. Untuk itulah lahir kebijakan THR sejak dahulu kala. Anda boleh menggunakan THR untuk mendukung pengeluaran hari raya.

Mulai dari pengeluaran jamuan lebaran, baju Lebaran, sampai angpao atau bingkisan untuk kerabat dan tetangga dekat.

Hanya saja, ingat selalu agar tidak berlebihan dalam mengatur pengeluaran hari raya.

Membayar THR pekerja rumah

Jika Anda memiliki tenaga kerja domestik yang selama ini membantu operasional rumah tangga, misalnya asisten rumah tangga (ART), babysitter, sopir, tukang kebun, satpam lingkungan, dan sebagainya, maka Lebaran adalah momen yang tepat bagi Anda untuk membayar THR mereka.

Terlepas dari kewajiban Anda sebagai pemberi kerja, membayar THR juga dapat memupuk loyalitas para tenaga kerja domestik.

Menambah portofolio investasi

Mendapatkan pendapatan ekstra berarti Anda punya kesempatan untuk menambah saldo investasi.

Bila selama ini Anda sudah memiliki beberapa rencana keuangan seperti dana pensiun, dana pendidikan anak sampai dana pembelian rumah, inilah saat yang tepat untuk menambah porsi investasi dengan uang THR – SOLID GOLD BERJANGKA