SOLID GOLD  –   MSCI Merangsak Naik 0,3%

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG   –   Rabu (31/08) pergerakan bursa saham Asia menguat pagi ini, , didorong oleh penguatan pada bursa saham Jepang akibat pelemahan yen seiring meningkatnya nilai suku bunga AS. Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,3% ke 138,40, sementara indeks Topix Jepang menguat 0,9% di saat yen diperdagangkan di posisi 102,92 per USD.

Dilansir dari data Bloomberg, nilai tukar yen melemah untuk hari ke 5 berturut – turut sejak kemarin, rentetan pelemahan terpanjang sejak bulan Maret, seiring meningkatnya spekulasi bahwa The Fed akan menaikkan suku bunga acuannya dalam tahun ini.

Ryuta Otsuka, ahli strategi Toyo Securities Co. “Sepertinya para pelaku pasar melihat kemungkinan yang lebih tinggi untuk kenaikan suku bunga AS. Pergerakan yen yang menghampiri posisi 103 per USD positif bagi bursa saham Jepang”.  Bursa saham Jepang telah memimpin penguatan di antara pasar berkembang di Asia bulan ini seiring tumbuhnya ekspektasi kenaikan suku bunga AS yang mendorong penguatan USD terhadap yen.

Sejalan dengan pergerakan bursa Asia, indeks Kospi Korea Selatan dan indeks S&P/NZX 50 New Zealand sedikit mengalami perubahan, sementara indeks S&P/ASX 200 Australia turun 0,3%.Sedangkan kemarin Indeks MSCI Asia Pacific di luar Jepang menguat 0,5%, dengan bursa di Korea Selatan naik 0,4% dan Australia menguat 0,3%. Indeks Nikkei ditutup cenderung flet setelah yen menghentikan pelemahan menyusul penurunan tajam akhir pekan lalu. Data ekonomi Jepang, termasuk data pengangguran dan penjualan ritel, sebagian besar di atas perkiraan analis, tetapi tidak mengubah ekspektasi BOJ akan pelonggaran ekonomi lebih lanjut.

Seperti dilansir dari Reuters, pasar masih kurang yakin kapan kebijakan AS akan berubah setelah Gubernur The Fed Janet Yellen mengatakan pada Jumat bahwa probabilitas kenaikan suku bunga telah meningkat, tetapi memberikan sedikit kejelasan waktu peningkatan tersebut. Sementara itu, Wakil Ketua The Fed Stanley Fischer sebeluimnya menyatakan kenaikan suku bunga mungkin akan terjadi pada bulan September. Fischer dijadwalkan memberikan komentar lanjutan  –   SOLIDGOLD BERJANGKA

sumber : market.bisnis.com