SOLID GOLD BERJANGKA – Bursa Saham Eropa Merosot

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG   –  Kamis (18/08) bursa saham Eropa ditutup melemah karena investor berspekulasi mengenaik kenaikan suku bunga acuan AS tahun ini. Indeks Stoxx Europe 600 merosot 0,8% ke posisi 340,47 pada penutupan perdagangan kemarin. Saham sebelumnya melemah dalam perdagangan Selasa karena penguatan euro yang membebani eksportir dan investor menilai pernyataan Pimpinan Fed wilayah New York William Dudley mengenai kemungkinan kenaikan suku bunga acuan yang dapat terjadi di bulan September.

William Hobbs, kepala analis di unit manajemen kekayaan Barclays Plc menuturkan kepada Bloomberg. “Pelemahan kembali terjadi di saham Eropa hari ini setelah The Fed menaikkan kemungkinan kenaikan suku bunga pada September. Selain itu, ada beberapa profit taking setelah pelemahan harga komoditas,” kata

Investor mengevaluasi reli yang membantu busa Eropa menghapus kerugian pasca-Brexit dan mendorong bursa Inggris dan Jerman ke pasar bullish. Keyakinan bahwa bank sentral akan terus mendukung pertumbuhan, dan beberapa laporan keuangan yang lebih baik dari perkiraan telah mendorong saham. Namun, indeks Stoxx 600 hari ini masih melemah 6,9% sepanjang tahun 2016.

Di antara saham bergerak hari ini, ABN Amro naik 2,5% setelah membukukan laba kuartal kedua yang lebih baik dari estimasi. Sementara itu, ASML Holding NV melemah 4,8% setelah Intel Corp menyatakan tidak akan menggunakan teknologi litografi pembuat peralatan semikonduktor ini untuk produksi chip 10 nanometer nya.

Indeks Stoxx Europe 600 dibuka melemah 0,73% atau senilai dengan 2,53 poin ke 343,52 setelah dibuka melemah 0,27% atau senilai dengan 0,94 poin ke 345,11. Sektor barang industri menjadi penekan utama indeks Stoxx, dengan saham Schindler Holding AG melemah 3,3% setelah memperkirakan penurunan global pada pasar lift dan eskalator.

Pelemahan indeks Stoxx Europe 600 sepanjang tahun2016 di tengah skeptisisme tentang pemulihan ekonomi di kawasan ini dan efektivitas stimulus Bank Sentral Eropa. Para ekonom telah menurunkan perkiraan pertumbuhan kawasan euro untuk tahun ini dan berikutnya, sementara analis memperkirakan penurunan laba tahunan pada emiten indeks  Stoxx   –   SOLIDGOLD BERJANGKA

sumber : market.bisnis.com