SOLID GOLD BERJANGKA   –  Bursa Eropa Melemah

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG  –  Kemarin Rabu (10/08) indeks Stoxx Europe 600 melemah 0,2% pada penutupan perdagangan setelah berfluktuasi sepanjang perdagangan. Ben Kumar, manajer investasi di Seven Investment Management LLP kepada Bloomberg. “Musim laporan keuangan belum terlalu luar biasa, untuk harga minyak telah berfluktuasi kembali”. Indeks DAX Jerman, yang memasuki pasar bullish, turun 0,4%, tertekan oleh saham EON dan eksportir seperti saham ThyssenKrupp AG dan saham Bayer AG menyusul penguatan euro. Saham EON tepuruk 6,9% karena membukukan kerugian pada semerter pertama.

Sementara itu, sektor farmasi mencatat penurunan terbesar di antara sektor indeks Stoxx, didorong perusahaan bioteknologi Denmark Novozymes yang merosot 12% setelah melaporkan keuntungan yang meleset dari estimasi dan memotong prospek penjualan. Royal Dutch Shell Plc dan Tullow Oil Plc menyeret sektor energi menyusul melemahnya harga minyak mentah, sementara produsen baja ArcelorMittal dan Voestalpine AG turun lebih dari 2%.

Dalam 5 hari terakhir, sentimen dari langkah – langkah stimulus yang dilakukan BoE, data pekerjaan yang lebih baik dari perkiraan di AS dan laporan keuangan emiten membantu mendorong bursa untuk melakukan rebound lebih dari 12% dari level terendah sejak referendum Brexit. Sebagian besar indeks di Eropa barat berakhir di zona merah. Indeks CAC 40 Prancis turun 0,4%, sedangkan indeks FTSE 100 Inggris melemah tipis. Kemarin bursa saham Eropa terpeleset untuk pertama kalinya dalam 6 hari terakhir, tertekan oleh sektor energi. Indeks Stoxx Europe 600 terpantau melemah tipis 0,09% atau senilai dengan 0,30 poin ke 344,37 setelah dibuka turun 0,14% atau senilai dengan 0,47 poin ke 344,20.

Indeks DAX Jerman juga ikut melemah 0,3% setelah memasuki pasar bull, dengan EON SE turun 3,4% karena membukukan kerugian pada semerter pertama tahun 2016. Untuk saham Aurubis AG melemah 3,5% karena perusahaan penghasil tembaga sedang memperkirakan keuntungan tahunan yang lebih rendah. Saham Entertainment One Ltd menguat 6,9% setelah menolak tawaran pengambilalihan  –  SOLIDGOLD BERJANGKA

sumber : bisnis.com