SOLID GOLD BERJANGKA  –  H-1 Tukar Uang Pecahan

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG   –   H-1 jelang Hari Raya Idul Fitri 1437 H, para jasa penukar uang di sepanjang pinggir jalan raya Bekasi- Jakarta Timur masih terlihat banyak. Para penjaja uang ini dalam sehari bisa meraup untung minimal Rp 500 ribu.

“Justru mau Lebaran nih banyak orang yang menukarkan uangnya. Lumayan lah dapat berkah Lebaran kita,” kata ibu Sinta yang berumur 42 tahun, wanita asal Medan ini saat ditemui merdeka.com di Jalan Raya Bekasi, Selasa (05/07).

Sinta mengaku sudah dua minggu berprofesi sebagai penjaja penukaran uang di pinggir jalan. Uang yang dia tukarkan mulai dari pecahan Rp 2.000, sampai RP 20.000.

“Yang paling banyak ditukarin pecahan dua ribu, lima ribu dan sepulu ribu,” kata dia. Lebih jauh Sinta menuturkan, animo masyarakat cukup tinggi dalam penukaran uang di pinggir jalan daripada menukarkan uang di bank.

“Orang banyak yang suka nukarin uang di pinggir jalan kayak gini. Hari ini ajah masih banyak yang pada nukarin. Mungkin males antri ke bank kali,” paparnya. Hal Senada diutarakan oleh Muslim yang berumur 32 tahun, ia mengaku sudah 4 tahun menjalani berprofesi sebagai jasa penukar uang di pinggir-pinggir jalan raya saat Lebaran.

“Udah 4 tahun saya kerja begini (jasa penukaran uang). Kalau jelang Lebaran pasti lumayan dapat tambahan uang pemasukan,” ucapnya.

Lanjut Muslim, masyarakat masih banyak yang menukarkan uang kepadanya meski banyak bank yang menyediakan jasa penukaran uang.

“Mungkin bank-bank udah pada nutup, jadi orang lebih milih nukarin uang di sini (pinggir jalan),” katanya. Muslim mengaku, uang yang dia jajakan itu adalah modalnya dari sang bos. Ia hanya menukarkan uang dan dapat komisi dari penukaran uang tersebut.

“Uang-uang ini yang punya bos kita. Saya mah cuma menawarkan saja ke pengguna jalan kalau mau nukarin uang,” ucapnya. Muslim berharap dari hasil penukaran uang ini bisa pulang kampung. Karena dia mengaku sudah 4 tahun tinggal di Ibu Kota Jakarta belum pernah pulang kampung. “Kali ajah bisa buat pulang kampung nih,” tutupnya sambil tersenyum  –  SOLIDGOLD BERJANGKA

sumber : vemele.com