SOLID GOLD BERJANGKA  –   Rupiah Bergerak Variatif Terhdap USD

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG   –  Berita Hari ini (22/08) nilai tukar rupiah terhadap USD diawal hari kerja bergerak variatif tetapi cenderung tertekan sehingga berada dikisaran level Rp 13.160 per USD. Pergerakan rupiah meneruskan tren positif yang ada.  Berdasarkan kurs referensi Jisdor BI, rupiah dibuka di level Rp 13.197 per USD. Posisi ini tercatat melemah dari posisi sebelumnya di level Rp 13.119 per USD.

Menurut data yang dari Bloomberg rupiah akan berada di level Rp 13.160 per USD atau menguat tipis dibanding penutupan akhir pekan kemarin di posisi Rp 13.163 per USD. Pergerakan rupiah berada pada kisaran harian Rp 13.160 – Rp 13.212 per USD. Berdasarkan data Yahoo Finance, rupiah pagi ini berada di level Rp 13.155 per USD dengan kisaran harian Rp 13.155 – Rp 13.205 per USD. Posisi rupiah terlihat stagnan dari pembukaan sebelumnya yang berada di level yang sama. Dilansir dari media Reuters, USD memperpanjang penguatan terhadap yen dan euro ketika pembuat kebijakan The Fed optimistis bahwa data ekonomi mendukung kenaikan suku bunga acuan dalam jangka pendek.

Dengan harapan bahwa Bank of Japan tidak akan terus menerapkan suku bunga negatif juga mendorong USD, sehingga mengalami kenaikan 0,5% di level 100.760 lebih baik dari posisi sebelumnya. Sedangkan euro mengalami penurunan 0,3% di level USD 1.1289 untuk menjadi yang paling parah sejak tanggal 24 Juni. Sementara indeks USD naik 0,4% menjadi 94,843. Pasar memperlihat sinyal awal dari pernyataan Wakil Ketua Fed Stanley Fischer, yang memberikan penilaian optimis terkait kekuatan ekonomi AS saat ini. Dia mengatakan Bank Sentral melihat hasil positif pada target inflasi dan data ketenagakerjaan.

Harriman Masashi Murata seorang Strategi Mata Uang Brown Brothers “Komentar Fischer memiliki dampak pada USD dan yen sebagai dia, bersama dengan Presiden Fed New York William Dudley, untuk memberikan pengaruh besar. USD terhadap yen belum akan meningkat terlalu jauh karena momentum tampaknya jadi milik yen”.  –  SOLIDGOLD BERJANGKA

sumber : ekbis.sindonews.com