SOLID GOLD BERJANGKA – Rupiah Sentimen

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG – Ruang penguatan nilai tukar rupiah terhadap USD terbuka pada perdagangan 29 juni 2016 didorong oleh euphoria tax amnesty dan rencana BI yang siap memberikan pelonggaran moneter lagi.

Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta mengatakan rupiah menguat cukup kuat kemarin, didorong sentimen global. Dia menilai shock dari brexit sepertinya mulai ditinggalkan, dan untuk saat ini para investor fokus terhadap peluang kenaikan FFR dengan target yang turun drastis.

Dia Menambahkan “Dorongan apresiasi tambahan datang dari euforia disahkannya UU tax amnesty siang kemarin. Di tengah keberhasilan tax amnesty fokus akan mulai beralih ke inflasi di Jumat serta ekspektasi pemangkasan BI rate lanjutan yang mulai tumbuh setelah komentar dovish BI kemarin,”

Pada sisi lain, dolar, emas, yen serta US Treasury mulai ditinggalkan koreksi atas shocknya dari Brexit. Hal tersebut menandakan dampak negatif terhadap pasar global tidak seburuk yang diperkirakan sebelumnya.

Namun di lain sisi pasar saham dan harga komoditas mulai reli hingga hari ini. Sedangkan Kurs di Asia juga sudah mulai menguat semenjak kemarin. Pertumbuhan yang dialami PDB AS 1Q16 yang direvisi naik tidak akan berpengaruh terhadap ekspektasi kenaikan FFR target yang terlanjur anjlok.

Faisyal memprediksi, nilai tukar rupiah bergerak di kisaran Rp 13.085 – Rp 13.270 per USD. Sedangkan Rully memproyeksi, rupiah malah melemah pada rentang Rp 13.150 – Rp 13.350 per USD. – SOLIDGOLD BERJANGKA

sumber : bisnis.com