SOLID GOLD BERJANGKA   –   Rupiah Mulai Menguat 

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG  –  Jumat (22/7) nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, bergerak menguat sebanyak 15 poin menjadi Rp 13.092 dibandingkan sebelumnya di posisi Rp 13.107 per USD. Menurut Ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta di Jakarta “Dengan melemahnya USD pada pasar global bisa membuat nilai tukar rupiah menguat terhadap USD”.

Lalu ia menambahkan bahwa di tengah harapan pelonggaran moneter setelah sentimen Inggris yang keluar dari UE. ECB pun bepeluang memperpanjang program pembelian obligasi. Saat yang bersamaan yen ikut menguat juga dalam menambah sentimen positif bagi mata uang di kawasan Asia.

Dari dalam negeri, lanjut dia, ruang pelonggaran kebijakan moneter masih terbuka meski rilis tingkat suku bunga acuan BI rate, kondisi itu turut menjaga rupiah masih berada di area penguatan walaupun hanya terbatas. Namun, ia mengatakan bahwa fokus pasar akan perlahan beralih ke pertemuan FOMC yang akan disimpulkan pada pekan depan, spekulasi kenaikan suku bunga bank sentral Amerika Serikat bisa mengembalikan sentimen USD kembali bergerak menguat.

Sedangkan 20 juli 2016 kekuatan rupiah menambah akibat dorongan investor asing perbanyak modalnya di bursa saham sehingga tercetak net buy asing sebanyak Rp495 miliar lebih. Jelang akhir perdagangan profit taking lokal melebihi aksi beli asing sehingga IHSG anjlok sebesar 0,5%. Pergerakan kurs rupiah di pasar spot pagi ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,10% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13099/USD setelah dibuka kuat pada level Rp13122/USD. Namun untuk kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini diperlemah.

Kurs jisdor yang ditetapkan BI telah melemah ke 13122 dari posisi sebelumnya 13100, sedangkan kurs transaksi antar bank menguat ke posisi 13188 setelah perdagangan sebelumnya 13166. Pergerakan kurs Rupiah diperkirakan dibuka positif kembali oleh proyeksi tekanan terus berlanjut pada USD setelah menerima sentimen negatif dari rilis data ekonominya – SOLIDGOLD BERJANGKA

sumber : vibiznews.com