SOLID GOLD    –   Rupiah Menguat Tipis Hari Kedua

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG   –   Hari ini (02/09) Nilai tukar Rupiah terhadap USD menguat tipis. Rupiah dibuka di level Rp 13.255 per USD atau menguat dibanding penutupan perdagangan kemarin di Rp 13.269 per USD.

Mengutip dari data Bloomberg, saat dibuka, Rupiah sempat menguat tajam. Rupiah pun tetap perkasa hingga saat ini. Posisi Rupiah sedikit menguat 2 poin dan berada di Rp 13.267 per USD. Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Mirza Adityaswara mengatakan, naik turunnya kurs Rupiah masih dalam batas normal dan sesuai pergerakan mata uang dunia. “Perkembangan dua hari ini tidak ada yang perlu dikhawatirkan normal-normal saja”.

Pelemahan Rupiah, lanjutnya, juga dipengaruhi faktor pengumuman penetapan suku bunga oleh The Fed. Rencananya The Fed akan mengeluarkan pernyataan posisi suku bunga pada bulan September. “Biasanya kalau mau mendekati rapat dewan gubernur Amerika biasanya ada statement FOMC, ada statement beberapa yang kemarin, bisa saja naik di bulan November atau di bulan Desember. Kalau menurut saya hal yang wajar”.

Dari sumber lainnya Kepala Riset NH Korindo Securities mengatakan pergerakan rupiah hari ini bakal dipengaruhi oleh sentiment global dan domestik. Melemahnya harga emas dan minyak dunia membuat mata uang Asia khususnya emerging market tak berdaya terhadap greenback atau USD. Keadaan tersebut tergambarkan kekuatan yen, yuan, dan rupiah yang bergerak variatif cenderung melemah. Lalu, euro turut tertekan terhadap USD meski pound sterling, dolar Australia, dan dolar Selandia Baru dapat menguat terbatas terhadap USD.

Sementara itu, dari dalam negeri masih minimnya sentimen positif membuat laju rupiah tidak banyak mengalami perubahan. Menurutnya, dirilisnya data inflasi Indonesia pada Agustus yang deflasi 0,2% MoM, atau Inflasi 2,79% YoY berada di bawah ekspektasi konsensus sebesar 3,02% serta data Manufaktur Indonesia Agustus 50,4 . Kini laju rupiah kembali menguji level supportnya dan masih terdapat kecenderungan untuk tertekan. Rupiah disisi support ada di level Rp13.287 serta resisten Rp13.245  –   SOLIDGOLD BERJANGKA

sumber : tribunnews.com