SOLID GOLD BERJANGKA – Rupiah Bergerak Rp 13.200 per USD

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG  –   Efek dari libur hari raya idul fitri membuat nilai tukar rupiah menglami penunan dari sisi domestik. Di pasar spot, Jumat (08/07), nilai tukar rupiah tergerus 0,26% ke Rp 13.180 per USD. Tapi, valuasi rupiah terangkat tipis 0,06% jadi Rp 13.172 per USD menurut kurs tengah BI.

Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih mengatakan, minimnya sentimen domestik tidak akan menguntungkan rupiah. Efeknya, eksternal mendominasi pergerakan. Tapi, pergerakan yang terjaga di bawah Rp 13.200 per USD menjadi tanda positif bagi rupiah.

Analis Central Capital Futures Wahyu Tri Wibowo opti peluang rupiah unggul di awal pekan ini tetap terbuka. Pasalnya, faktor eksternal tidak begitu menguntungkan USD. Salah satu faktor pendukungnya karena tingkat pengangguran di AS Juni lalu mengalami kenaikan, sedang upah rata-rata semakin turun.

Menurut perhitungan, rupiah akan bergerak di antara Rp 13.000 sampai Rp 13.200 per USD. Tapi Lana berpendapat lain. Ia memprediksi rupiah bisa lebih melemah. “Pelemahan terbatas bisa kembali terjadi, karena level saat ini sudah cukup kuat bagi rupiah, sehingga bisa terjadi profit taking,” analisa Lana.

Lana memprediksi rupiah bergerak melemah di kisaran Rp 13.150 sampai dengan Rp 13.280 per USD.

Sedangkan menurut NH Korindo Securities Indonesia memperkirakan kurs rupiah atas USD pada perdagangan hari ini, 11 juli 2016 akan bergerak di kisaran support 13.120 dengan resisten 13.070.

Namun Kepala Riset NHKSI Reza Priyambada mengatakan berita di bank sentral Eropa yang belum ada rencana untuk melonggarkan aturan pada sektor pelonggaran moneter, sehingga mendorong permintaan akan safe havens.

Imbasnya, yen pun menguat terhadap USD. Reza mengemukakan laju sejumlah mata uang global yang cenderung menguat dibandingkan USD diharapkan dapat menjadi momentum perbaikan bagi laju rupiah yang sepanjang libur panjang minim sentimen, dan cenderung melemah tipis terhadap USD.

Reza dalam risetnya 11 juli 2016 mengatakan “Mulai ada perbaikan pada euro dan pound sterling dapat menjadi salah satu pertanda katalis positif bagi niali tukara rupiah”. –  SOLIDGOLD BERJANGKA

sumber : investasi.kontan.co.id