SOLID GOLD BERJANGKA  –  Rupiah Mulia Menunjukkan Tanda Positif

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG  –  senin (01/08) awal pekan, rupiah diprediksi bergerak menguat. Sejumlah data ekonomi domestik yang akan diumumkan pekan ini diprediksi membawa perubaha positif. Akhir pekan lalu, Jumat (29/07), di pasar spot valuasi rupiah terhadap USD terkikis 0,11% menjadi 13.112 dibandingkan dari hari sebelumnya. Sementara mengacu kurs tengah BI, membuat posisi rupiah menguat sebanyak 0,14% menjadi Rp 13.094.

Menurut Wahyu Tri Wibowo, Analis Central Capital Futures, nilai tukar terhadap  USD mengalami penurunan setelah diumumkannya angka ekonomi AS pada kuartal II di tahun 2016 yang hanya tumbuh 1,2% saja atau di bawah prediksi pasar, yaitu sebanyak 2,6%. Menurut Wahyu hal ini menguntungkan mata uang yang berlawanan dengan USD, salah satu contohnya rupiah. Kemudian hal yang sama juga terjadi disaat penguatan yen terhadap USD, yang ikut dalam menopang kekuatan sesama mata uang Asia seperti rupiah,”.

Akhir pekan lalu, BoJ merilis stimulus dengan tujuan unutk meningkatkan pembelian obligasi pemerintah, tapi jauh di bawah ekspektasi pasar. Penguatan yen turut membebani pergerakan USD. Analis Tresuri Bank BNI Resti Afiadinie mengatakan, prediksi data-data ekonomi domestik yang akan dirilis pekan ini masih positif. Hal tersebut semakin menambah kekuatan fundamental dalam negeri yang menopang pergerakan rupiah. Meskipun saat ini belum ada sentimen terbaru.

“Kegagalan USD  mempertahankan kekonsistensian data ekonomi yang positif menjadi faktor utama,” ujar Resti. Dia memprediksi, hari ini, rupiah masih bisa mengungguli USD. Namun, ruang penguatan rupiah kini lebih sempit. Apalagi di awal pekan, tidak ada data AS yang signifikan menggerakkan mata uang. Jadi baik faktor eksternal maupun internal minim katalis utama.

Wahyu menambahkan “Pada jangka pendek rupiah akan berada pada level Rp 13.200 dan akan terjadi resistance yang kuat, selagi belum bisa tembus di atas itu pelemahan akan lebih terbatas,”. Kemudian wahyu memprediksi rupiah bergerak di rentang Rp 12.970 sampai dengan Rp 13.180. Sedangkan Resti memperkirakan rupiah bergulir  –  SOLIDGOLD BERJANGKA

sumber : investasi.kontan.co.id