SOLID GOLD BERJANGKA  –   5 Peradaban Terkuno

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG   –   Manusia memang diperkirakan muncul sejak 200.000 tahun silam. Hadirnya peradaban manusia dipercaya oleh para ilmuwan baru ada sekitar 6000 tahun lalu. Sebenarnya ada beberapa peradaban yang lenyap dengan misterius meskipun tergolong maju di zamannya. Berikut adalah peradaban – peradaban misterius tadi.

1. Peradaban Lembah Indus

Muncul di tahun 3300 sebelum masehi terkenal akan sistem drainase majunya. Sisa – sisa peradaban ini bisa dilihat pada kawasan Pakistan, sekitar sungai Gangga di India, hingga dekat Laut Arab.

Bukan hanya sistem drainase, bangsa Indus dikenal sebagai pembangun kota yang terstruktur dan terorganisasi. Tembok dan rumah-rumah dibangun kokoh dan rapi tidak kalah dengan pembangunan saat ini.

2. Peradaban Rapa Nui

Yang berada di Pulau Paskah, Chili, tidak lepas dari keberadaan Patung raksasa ‘Moai’ dan tidak kalah menarik adalah hilangnya bangsa Rapa Nui, warga asli pulau Paskah.

Saat bangsa Eropa datang ke pulau tersebut tahun 1722, mereka hanya menemukan sekitar 3000 penduduk saja. Padahal untuk membangun ratusan patung Moai di pulau itu, diperkirakan butuh 30.000 orang.

3. Peradaban Maya

Diketahui pertama kali muncul 1800 sebelum masehi, atau 3816 tahun lalu. Mereka adalah bangsa yang hidup dari pertanian yang menduduki kawasan semenanjung Yucatan di Guatemala, Belize, Meksiko, serta Honduras.

Tapi, peradaban Maya dilaporkan lenyap secara tiba-tiba. Pada tahun 1517, bangsa Spanyol berlayar ke Amerika Tengah berniat menghancurkan peradaban yang terkenal akan ritual kematiannya, saat mereka tiba di sana, bangsa Maya telah hilang.

4. Peradaban Gobekli Tepe

Sebuah kuil zaman batu yang dibangun 9500 – 9000 sebelum masehi di pegunungan Anatolia Tenggara, Turki. Gobekli Tepe diyakini sebagai kuil tertua di Bumi dan di bangun oleh bangsa Swiderian. Bangsa yang pertama muncul tahun 10.900 tahun sebelum masehi ini adalah penduduk Eropa pertama yang hidup dengan berburu dan mengumpulkan makanan.

5. Peradaban Olmec

Terbentuk tahun 1200 sebelum masehi di kawasan Meksiko ada sebuah peradaban tertua di benua Amerika, bahkan nantinya mempengaruhi suku Maya dan Aztec Peradaban Olmec juga sudah menyembah dewa sebelum bangsa Maya, bahkan menjalankan ritual persembahan manusia pada dewa. Beberapa dewa Olmec yang diketahui adalah naga, burung raksasa, monster ikan, dan dewa air.

Kekayaan budaya Olmec kerap dikatakan ‘ibu’ kebudayaan peradaban Amerika kuno. Peradaban ini diperkirakan menghilang dalam waktu singkat pada tahun 400 sebelum masehi. Pusat-pusat pemerintahan yang ada di kota La Venta dan San Lorenzo akhirnya benar-benar lenyap  –  SOLIDGOLD BERJANGKA

sumber : merdeka.com