SOLID GOLD BERJANGKA  –  3 Novel Yang Terlaris

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG  –  Tak ada yang menyangka buku-buku populer seperti Harry Potter dan roman sejarah Gone With The Wind sempat menjadi kontroversi saat pertama kali diterbitkan. Namun semua itu berubah saat buku-buku tersebut diadopsi mahakarya ke layar lebar, dan mengukuhkan statusnya sebagai karya tersukses dalam sejarah literatur.

Tak hanya dua judul tersebut yang pernah masuk dalam daftar buku paling ditentang dalam sejarah. Berikut ini beberapa buku yang menuai kontroversi berkepanjangan, tetapi berhasil meraih kesuksesan lebih besar di layar lebar.

1.The Hunger Games – Suzanne Collins
Meskipun menjadi best seller sejak pertama kali diterbitkan, salah satu buku anak-anak terlaris sepanjang masa ini ternyata pernah dilarang beredar. ada beberapa pihak menuding serial dystopia lebih mengedepankan tema kekerasan, anti-kekeluargaan, anti-etika, dan okultisme. Trilogi dari The Hunger Games dianggap berbahaya bagi mental para remaja, sebagai target pembaca utamanya.

Namun itulah yang menjadi kunci dari kesuksesan The Hunger Games di pasaran. Dalam waktu yang cukup singkat, ketiga buku tersebut segera diangkat ke layar lebar dengan bintang Jennifer Lawrence. Seperti hal ketiga bukunya, trilogi film The Hunger Games juga ikut menuai kesuksesan.

2.The Great Gatsby – F. Scott Fitzgerald
Merupakan novel dengan setting tahun 1920-an pernah ditentang oleh sebuah perguruan tinggi pada tahun 1987 karena dianggap kelewatan vulgar. The Great Gatsby juga mendapatkan pendapat beragam dari para kritikus. Ada yang memprediksi novel ini bakal mengakhiri masa kejayaan Fitzgerald di dunia literatur. Namun kisah dan karakter The Great Gatsby yang dipenuhi sinisme menjadikan novel ini tetap diminati oleh para pembaca dari berbagai generasi ke generasi.

Pada tahun 1974, The Great Gatsby diangkat ke layar lebar. Pemeran utamanya adalah aktor kawakan Robert Redford. Pada tahun 2013, sekali lagi The Great Gatsby diangkat ke layar lebar. Namun kali ini giliran aktor peraih Oscar, Leonardo DiCaprio yang terpilih memerankan jutawan flamboyan Jay Gatsby.

3.Harry Potter – J.K. Rowling
Menjajarkan seri Harry Potter dengan novel-novel paling dilarang dalam sejarah mungkin terdengar aneh. Namun pada kenyataannya kisah petualangan penyihir berkacamata memang sempat mendapatkan penilaian negatif dari berbagai pihak. Ada yang berpendapat Harry Potter telah memperkenalkan, bahkan menyuntikkan ide kekerasan, sihir, dan pemujaan setan kepada anak-anak.

Meskipun begitu, Harry Potter berhasil menjadi buku yang terlaris sepanjang masa sekaligus mengukuhkan nama J.K. Rowling di antara jajaran penulis terkaya yang ada di dunia. Adaptasi film yang rilis sejalan dengan bukunya juga disambut antusiasme para penggila Harry Potter di seluruh dunia.

Itulah 3 buku yang sempat ditentang dan dilarang beredar namun berhasil mendapatkan kesuksesan luar biasa, hingga diadaptasi ke layar lebar  –  SOLIDGOLD BERJANGKA

sumber : merdeka.com