SOLID GOLD BERJANGKA  –  Bursa Saham Asia Menguat

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG  –  Jumat (19/08) pergerakan bursa saham Asia dilaporkan menguat pada perdagangan, ditopang oleh kenaikan saham pada produsen energi menyusul penguatan minyak mentah dan bursa saham Jepang. Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,2% ke 139,59, sementara indeks Topix Jepang ikut naik 0,4% saat yen diperdagangkan berada pada posisi 100,14 per USD.

Seperti dilansir dari data Bloomberg, hasil rapat The Fed pada pertemuan bulan Juli memicu prediksi bahwa suku bunga AS akan tetap rendah dalam waktu yang lama serta memadamkan spekulasi bahwa biaya pinjaman akan secepatnya dinaikkan.

James Woods, ahli strategi Rivkin Securities “Terlihat semakin jelas bahwa The Fed tidak akan menaikkan suku bunganya dalam waktu dekat. Hal itu akan semakin mendukung pergerakan saham. Sementara itu ada laporan keuntungan perusahaan yang berdampak positif dan kenaikan pada komoditas, terutama disektor minyak, juga akan membantu mendorong saham lebih tinggi” .

Kinerja minyak mentah menguat untuk hari ketujuh berturut-turut di tengah spekulasi para produsen minyak utama akan membatasi produksi. Jumlah persediaan minyak mentah AS mengalami penurunan terbesar dalam lima pekan hingga 12 Agustus, menurut data badan energi AS EIA. Sementara itu, indeks Kospi Korea Selatan dilaporkan menanjak 0,1%. Indeks S&P/ASX 200 Australia juga naik 0,1% dan indeks S&P/NZX 50 New Zealand sedikit berubah.

Sedangkan kemarin pagi Indeks MSCI Asia Pacific selain Jepang naik 0,2%, lalu  indeks Topix Jepang turun 0,9% saat yen diperdagangkan di posisi 99,79 per USD. Seperti dikutip dari Bloomberg, hasil rapat The Fed pada pertemuan pada Juli menimbulkan prediksi bahwa suku bunga AS akan tetap rendah dalam waktu yang lama serta memadamkan spekulasi bahwa biaya pinjaman akan secepatnya dinaikkan.

Shane Oliver, ahli strategi investasi global AMP Capital Investors Ltd mengatakan The Fed mengesankan bahwa mereka akan berhati-hati dalam penaikan suku bunga. Hal tersebut mendukung pergerakan pasar saham. Sementara itu, indeks Kospi Korea Selatan dilaporkan menanjak 0,2%. Sementara, indeks S&P/ASX 200 Australia sedikit berubah dan indeks S&P/NZX 50 New Zealand naik 0,2%   –   SOLIDGOLD BERJANGKA

sumber : market.bisnis.com