SOLID GOLD   –    Bursa Asia Masih Bergerak Fluktuatif

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG    –   Jumat (02/09) pergerakan bursa saham Asia bergerak fluktuatif di kisaran sempit di saat investor menghindar untuk mengambil risiko menjelang rilis data payroll AS yang mungkin dapat menunjukkan arah suku bunga di negara itu. Indeks MSCI Asia Pacific turun sedikit dari 0,1% ke 138,39 , setelah sebelumnya turun dalam rentang yang sama. Bursa saham Asia telah berada dalam pola bertahan pekan ini dengan fokus para investor pada data payroll AS setelah sebelumnya Gubernur The Fed Janet Yellen mengindikasikan semakin kuatnya kemungkinan kenaikan suku bunga.

Seperti dilansir dari data Bloomberg, James Woods, ahli strategi Rivkin Securities,  “Semua mata jelas tertuju pada data nonfarm payroll. Bahkan jika kita melihat data payroll yang kuat, saya tidak yakin The Fed akan mengambil langkah pada bulan September”. Sementara itu, laporan data manufaktur AS yang lebih lemah dari prediksi kemarin menimbulkan kekhawatiran bahwa pertumbuhan ekonomi yang tidak utuh dapat mendorong The Fed mempertahankan tingkat suku bunganya lebih lama.

Prediksi kenaikan suku bunga pada bulan September telah turun menjadi 34% dari 42% pada akhir pekan lalu. Sejalan dengan pergerakan bursa Asia, indeks Topix turun 0,1% saat yen berada di posisi 103,15 per USD, indeks Kospi naik 0,1%. Sementara indeks S&P/NZX 50 New Zealand ikuti terjatuh 0,3% dan indeks S&P/ASX 200 Australia turun 0,4%.

Kemarin MSCI dilaporkan bergerak fluktuatif dengan turun kurang dari 0,1% ke 137,98, setelah sebelumnya naik dalam rentang yang sama. Seperti dilansir dari data Bloomberg, indeks saham energi turun 0,3% setelah badan informasi energi AS EIA melaporkan kenaikan persediaan minyak mentah sebesar 2,28 juta barel atau lebih tinggi dari proyeksi para analis dengan kenaikan 1,3 juta barel.

Para investor saat ini mengalihkan fokus pada data kepegawaian AS yang akan dirilis esok hari. Data tersebut dipastikan akan menjadi laporan ekonomi utama yang dapat mengerakkan sentimen periode kenaikan tingkat suku bunga AS oleh The Fed. Untuk indeks Kospi Korea Selatan melemah 0,7%, sementara indeks S&P/NZX 50 New Zealand merosot 0,3% dan indeks S&P/ASX 200 Australia turun 0,2%  –  SOLIDGOLD BERJANGKA

sumber : market.bisnis,com