SOLID GOLD BERJANGKA  –  Bursa Asia Bergerak Fluktuatif 

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG   –   Jumat (29/07) pergerakan bursa saham Asia dilaporkan fluktuatif pada perdagangan. Hal ini sejalan dengan penguatan yen Jepang dalam perdagangan yang bersifat volatil menjelang keputusan kebijakan BoJ. Indeks MSCI Asia Pacific naik sebesar 0,1% ke 134,97, mengarah ke penguatan mingguan ketiga serta penguatan bulanan sebesar 4,7%. Sementara itu, indeks Topix Jepang naik sebesar 0,2% bahkan disaaat yen menguat sebesar 0,5%. Pergerakan bursa saham Jepang telah berfluktuasi pekan ini seiring penantian keputusan BoJ.

BoJ sangat diharapkan untuk menambah stimulus pada akhir pertemuan dua harinya. Seperti dikutip Bloomberg hari ini. Chris Green, Direktur Ekonomi dan Strategi First NZ Capital Group Ltd, “Terdapat sejumlah ketidakpastian yang sudah pasti, dibuktikan dengan pandangan yang kontras pada pasar seiring berjalannya pertemuan The Fed. Ada tekanan yang meningkat untuk pelonggaran lebih lanjut. Kami cenderung melihat semacam tindakan terkoordinasi antara BOJ dan pemerintah,”.

Ada sebanyak 32 dari total 41 analis dalam survey Bloomberg memprediksi bahwa BoJ akan menambah program stimulusnya pada pertemuan yang berakhir hari ini. Sementara itu indeks Kospi Korea Selatan naik sebesar 0,2%, sementara saham indeks S&P/ASX 200 Australia turun sebesar 0,1%. Di sisi lain, saham indeks New Zealand’s S&P/NZX 50 mengalami sedikit perubahan.

Kemarin indeks MSCI Asia Pacific naik sebesar 0,2% ke 135,10, sementara indeks Topix Jepang turun sebesar 0,7% akibat penguatan yen. Seperti dilansir Bloomberg hari ini, pergerakan bursa saham global telah berfluktuasi dengan adanya pertemuan kebijakan bank sentral pekan ini. BoJ sangat diharapkan untuk menambah stimulus pertemuan dua harinya yang berakhir besok hari.

Sementara, The Fed seperti diketahui telah memutuskan untuk mempertahankan tingkat suku bunga acuannya pada akhir FOMC meeting. Para pedagang di Jepang saat ini menanti review kebijakan moneter BoJ, setelah Perdana Menteri Shinzo Abe mengumumkan paket stimulus fiskal senilai 28 triliun yen atau setara dengan $265 billion. Demi mendorong negara dengan perekonomian ke 2 terbesar di dunia tersebut.  Indeks Kospi Korea Selatan dan saham indeks S&P/ASX 200 Australia masing – masing naik 0,1% dan 0,3%. Sementara, saham indeks New Zealand’s S&P/NZX 50 tergelincir 0,2%  –  SOLIDGOLD BERJANGKA

sumber : bisnis.com