SOLID GOLD BERJANGKA  –  Harga Minyak Mentah Menurun

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG   –   Senin (01/08) harga minyak mentah kembali menurun ke arah US$40 per barel, setelah pengebor minyak di AS meningkatan aktifitas pengeboran di tengah kelebihaan persedian secara global. Minyak West Texas Intermediate untuk pengiriman bulan September turun 0,41% atau setara 17 sen ke posisi US$41,43 per barel di New York Mercantile Exchange. Pada penutupan Jumat (29/07) kontrak minyak mentah sebelumnya menguat 46 sen ke US$41,60 per barel.

Sementara itu, minyak Brent untuk pengiriman bulan Oktober terpantau melemah 19 sen, atau setara 0,44 ke $ 43,34 per barel di ICE Futures Europe exchange. Kontrak bulan September berakhir setelah jatuh 24 sen ke US$42,46, dan telah melemah 14,5% pada bulan tersebut. Menurut data Baker Hughes Inc yang dikutip dari Bloomberg, pengebor di AS membuka tambahan 3 anjungan pengeboran. Sedangkan, menurut pernyataan dari Petroleum Facilities Guard, Libya telah membuka kembali 4 pelabuhan ekspor minyaknya.

Michael McCarthy, analis CMC Markets mengatakan saat ini ada momentum penurunan yang jelas di pasar minyak mentah. Lalu ia melanjutkan pernyataanya seperti yang dikutip Bloomberg “Akan ada kekhawatiran kelebihan persediaan yang  berlanjut. Hal ini Jelas pada level US$40 per barel adalah titik kunci untuk WTI dan saya harapkan ada dukungan pada level tersebut,” .

Minyak membukukan penurunan bulanan terbesar bulanan dalam setahun pada bulan Juli karena pemulihan harga terhenti setelah menguat hampir 2 kali lipat dari level terendah selama 12 tahun terakhir pada bulanFebruari. Sementara itu, produsen minyak termasuk BP Plc, Royal Dutch Shell Plc dan Total SA melaporkan penurunan tajam dalam laba kuartal ke 2 karena harga komoditas yang melemah.

Kemudian pada jumat paginya (29/07) minyak West Texas Intermediate untuk pengiriman bulan September turun 1,86% ke posisi US$41,14 per barel di New York Mercantile Exchange pada penutupan perdagangan. Sementara itu, minyak jenis Brent untuk pengiriman bulan September turun 1,77% ke US$42,70 per barel di ICE Futures Europe exchange  –   SOLIDGOLD BERJANGKA

sumber : market.bisnis.com