SOLID GOLD BERJANGKA  –  Korut Kembali Luncurkan Roket, MSCi Tertarik

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG – MSCI kembali turun dan daya tarik aset safe haven meningkat setelah Korea Utara menyatakan berhasil melakukan uji coba bom hidrogen kemarin. Yen Jepang dan franc Swiss membukukan penguatan terbesar di antara mata uang utama dan harga emas naik 0,9% setelah Korut menyatakan telah berhasil menguji bom hidrogen dengan kekuatan terdahsyat.

Daya tarik aset berisiko pun mengecil seiring beralihnya minat investor pada aset yang lebih aman. Kontrak pada indeks S&P 500 turun, indeks saham Korea Selatan menjadi penekan terbesar terhadap pergerakan bursa Asia, sementara indeks saham di Tokyo dan Sydney mengalami penurunan yang lebih moderat.

Indeks Topix Jepang turun 0,4% indeks Kospi Korea Selatan merosot 1,1% dan indeks S&P/ASX 200 Australia turun 0,3%. Sementara itu, indeks MSCI Asia Pacific turun 0,2%. Kemarin Korea Utara menyatakan telah sukses melakukan uji coba bom hidrogen dengan kekuatan terdahsyat yang dapat dimuat ke dalam rudal balistik antarbenua (intercontinental ballistic missile/ICBM).

Kantor berita Korut, Korean Central News Agency (KCNA), melaporkan bahwa uji coba itu berjalan sempurna sekaligus menunjukkan ketepatan dan teknologi bom tersebut. Ini adalah uji coba nuklir pertama Korut sejak Trump menjabat sebagai Presiden AS. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pun mengancam akan meningkatkan sanksi ekonomi dan menghentikan perdagangan dengan negara mana pun yang melakukan bisnis dengan rezim Kim Jong Un.

Pada saat yang sama, Menteri Pertahanan AS James Mattis menyatakan bahwa AS memiliki banyak opsi militer atas tindakan Korut. Ini adalah uji coba nuklir pertama Korut sejak Trump menjabat, sekaligus merupakan rintangan baru untuk pasar yang terbukti tahan terhadap ketegangan di semenanjung Korea akhir-akhir ini.  –  SOLID GOLD BERJANGKA