SOLID GOLD BERJANGKA  –  Indeks Wall Street Reli Setelah Refendum

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG   –   Berita (6/12) Bursa Amerika Serikat ditutup menguat. Indeks Wall Street didorong reli saham finansial dan teknologi, seperti dikutip Bloomberg. Bursa AS mampu ditutup hijau, setelah tertekan sentimen hasil referendum Italia dengan kemenangan pemilih yang menolak perubahan konstitusi. Indeks The S & P 500 naik 0,58% atau senilai dengan 12,17 poin ke 2.204,71. Dow Jones Industrial Average menguat 45,82 poin atau senilai dengan 0,24% ke 19.216,24. Rilis markit jasa dan manufaktur lebih baik dari ekspektasi.

Hal ini makin mendorong pasar untuk menunggu keputusan rapat Federal Reserve pada 13-14 Desember 2016 terkait rencana kenaikan suku bunga. Beberapa hari lalu saham yang berkaitan dengan minyak mentah menguat dipicu oleh tercapainya kesepakatan OPEC untuk memangkas produksi minyak mentah.

Kebijakan perdagangan Trump mungkin memiliki potensi untuk merugikan emiten teknologi berkapitalisasi besar. Sektor ini merosot menyusul laporan bahwa Apple Inc mulai mengurangi pesanan dari pemasok iPhone 7. Saham Apple melemah 0,93%, sementara saham IBM Corp dan Microsoft Corp melemah masing-masing 1,5%. Perhatian investor akan beralih ke data non-farm payroll yang akan dirilis Jumat untuk petunjuk pada kekuatan ekonomi AS serta laju kenaikan suku bunga acuan. Probabilitas kenaikan suku bunga AS pada Desember menyentuh 100%, naik dari 68% pada bulan November.

Di antara saham lain yang aktif diperdagangkan, saham General Motors Co menguat 5,5% dan Ford Motor Co naik 3,9% setelah melaporkan penjualan yang melampaui estimasi analis. Sementara itu, saham ConocoPhillips, Marathon Oil Corp dan Whiting Petroleum Corp naik lebih dari 2,4% setelah OPEC sepakat untuk memangkas produksi untuk pertama kalinya sejak 2008.   –   SOLID GOLD BERJANGKA