SOLID GOLD BERJANGKA   –    Indeks MSCI Ikut Menguat

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG    –   Berita hari ini (05/09) pergerakan bursa saham Asia dilaporkan menguat, setelah data payroll AS yang lebih lemah dari ekspektasi menurunkan spekulasi bahwa The Fed akan menaikkan tingkat suku bunganya bulan ini Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,5% ke 138,91 dan lanjut naik 0,8% pada pukul 09.28. Menurut laporan Departemen Tenaga Kerja AS, data nonfarm payroll AS naik 151.000 bulan lalu, menyusul revisi kenaikan menjadi 275.000 untuk bulan Juli, serta di bawah prediksi rata –  rata survey Bloomberg sebesar 180.000 pekerjaan pada bulan Agustus.

Laporan tersebut melegakan para investor di saat prediksi kenaikan tingkat suku bunga The Fed untuk bulan ini tergelincir menjadi 32% dari 42 % sepekan sebelumnya, sementara prediksi pengetatan kebijakan pada bulan Desember turun 6 poin persentase menjadi 59%. Angus Nicholson, ahli strategi IG Ltd., seperti dilansir Bloomberg  “Laporan nonfarm payroll pada Jumat tampak lebih rendah dari ekspektasi dan secara efektif membunuh kemungkinan kenaikan suku bunga oleh The Fed pada bulan September,” ujarhari ini.

Sejalan dengan pergerakan bursa Asia, indeks Topix Jepang menanjak 1,1% di saat yen diperdagangkan di posisi 103,94 per USD. Indeks Kospi Korea Selatan naik 0,5%, sementara indeks S&P/ASX 200 Australia naik 0,4% dan indeks S&P/NZX 50 New Zealand sedikit berubah.

Hari jumat Indeks MSCI Asia Pacific naik kurang dari 0,1% ke 138,39, setelah sebelumnya turun dalam rentang yang sama. Bursa saham Asia telah berada dalam pola bertahan pekan ini dengan fokus para investor pada data payroll AS setelah sebelumnya Gubernur The Fed Janet Yellen mengindikasikan semakin kuatnya kemungkinan kenaikan suku bunga.

Seperti dilansir dari data Bloomberg, James Woods, ahli strategi Rivkin Securities, “Semua mata jelas tertuju pada data nonfarm payroll. Bahkan jika kita melihat data payroll yang kuat, saya tidak yakin The Fed akan mengambil langkah pada bulan September”. Sejalan dengan pergerakan bursa Asia, indeks Topix Jepang turun 0,1% saat yen diperdagangkan di 103,15 per USD, indeks Kospi Korea Selatan naik 0,1%. Sementara indeks S&P/NZX 50 New Zealand merosot 0,3% dan indeks S&P/ASX 200 Australia turun 0,4%   –   SOLIDGOLD BERJANGKA

sumber : bisnis.com