SOLID GOLD  –  Indeks MSCI Turun, Minyak Mentah Melemah

SOLID GOLD PALEMBANG    –    Jumat (4/11) Aksi jual bursa saham global berlanjut pada perdagangan di Asia, di saat minyak mentah bergerak di kisaran level terendah dalam 1 bulan serta para investor memilih menghindari aset berisiko menjelang agenda pemilihan Presiden AS pekan depan.

Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,7%, bersama dengan pelemahan seluruh 10 kelompok industri. Seperti dilansir Bloomberg hari ini, indeks MSCI Asia Pacific turun ke level terendah dalam tujuh pekan menyusul pelemahan indeks S&P 500 selama delapan hari, rentetan pelemahan terpanjang bagi indeks acuan AS tersebut sejak 2008.

Bursa saham di Jepang juga melorot setelah meniadakan aktivitas transaksi akibat libur nasional kemarin, sementara bursa saham di Singapura dan Taiwan juga dibayangi pelemahan.

Bursa saham global bergerak menuju pelemahan mingguan terbesar sejak keputusan Inggris meninggalkan Uni Eropa, di saat jajak pendapat menunjukkan menipisnya penguatan posisi kandidat Presiden AS dari Partai Demokrat, Hillary Clinton, atas rivalnya dari Partai Republik beberapah hari menjelang Pilpres pada 8 November.

“Pasar saat ini berupaya memiliki keseimbangan antara menguatnya kemungkinan bagi kemenangan Clinton serta penjualan yang signifikan dari kemenangan Trump. Semakin pasar melemah menjelang pemilihan, semakin besar potensi volatilitas dua arah dan lonjakan signifikan jika Clinton bangkit,” ujar Ric Spooner, Kepala analis pasar CMC Markets.

Jajak pendapat New York Times/CBS menunjukkan posisi Clinton yang memimpin dengan 45% dibandingkan Trump sebesar 42%, atau turun sembilan poin dalam jajak pendapat yang sama pada pertengahan Oktober.  –  SOLIDGOLD