SOLID GOLD   –   Indeks USD Melemah ke Level 100.10

SOLID GOLD PALEMBANG    –    Berita Solid (16/11) Indeks dolar Amerika Serikat melemah. Indeks dolar AS pada hari ini dibuka melemah 0,12% ke level 100,11. Indeks USD jadi melemah 0,13% ke level 100,10. Samuel Sekuritas Indonesia mengemukakan volatilitas mata uang akan ditopang dengan meredanya kejutan pasar global meski indeks dolar masih bertahan di level 100.

Harga minyak mentah yang naik tajam juga akan mempengaruhi gerak mata uang negara berkembang. Minyak menguat setelah spekulasi pemangkasan produksi oleh OPEC kembali naik, asosiasi negara pengekspor minyak OPEC yang akan kembali mengadakan pertemuan pada tanggal 30 November 2016.

Seperti diketahui indeks dolar telah bergerak reli setelah keterkejutan pasar setelah Donald Trump memenangkan pilpres AS dan menjadi presiden terpilih menggantikan Barack Obama.

Spekulasi presiden baru akan meningkatkan belanja dan mempercepat inflasi juga diprediksi mendorong Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga, dan telah mendorong aksi jual obligasi.

Dari sumber lainnya Indeks USD yang melacak pergerakan mata uang dolar terhadap mata uang utama lainnya ditutup menguat 0,12% atau 0,12 poin ke level 100,23 setelah sebelumnya dibuka pada posisi 99,742.

Berkurangnya lonjakan imbal hasil AS yang didorong oleh kemenangan Donald Trump dalam pilpres AS mendorong para investor untuk mengurangi kepemilikan dolar mereka. Namun, greenbackkembali meningkat setelah rilis data penjualan ritel AS yang meningkatkan kembali penjualan obligasi.

Seperti diketahui, Data Departemen Perdagangan AS pada Selasa menunjukkan penjualan ritel meningkat 0,8% pada Oktober, menyusul lonjakan 1% pada bulan sebelumnya, melebihi perkiraan median dalam survei yang menyebutkan kenaikan sebesar 0,6%.

Dolar telah melonjak sejak pekan lalu menyusul kemenangan Donald Trump, yang menyebabkan pedagang menumpuk dolar AS di tengah spekulasi bahwa Ia dan Kongres yang dikuasai Partai Republik akan memulai pemotongan pajak dan meningkatkan pengeluaran pemerintah untuk mendongkrak perekonomian.   –    SOLIDGOLD