SOLID GOLD BERJANGKA – IHSG Menunjukkan Penguatan

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG  –  Selasa (16/08) pergerakan IHSG terpantau menguat pada awal perdagan. IHSG dibuka dengan kenaikan 0,40% atau 21,37 poin ke level 5.341,93 dan menguat 0,61% atau senilai dengan 32,44 poin ke level 5.353,01. Ada sebanyak 36 saham bergerak menguat, 2 saham bergerak melemah, dan 496 saham mengalami stagnan total dari 534 saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Seluruh sembilan indeks sektoral IHSG bergerak positif dengan support utama dari sektor konsumer dan sektor pertanian yang masing-masing menguat 0,95% serta sektor properti yang naik 0,78%. Dalam risetnya, tim riset Samuel Sekuritas Indonesia memprediksi IHSG akan bergerak menguat pada perdagangan hari ini setelah terkoreksi tiga hari berturut-turut. Dikemukakan, setelah sempat terkoreksi selama 3 hari berturut-turut akibat aksi profit takingpara investor, IHSG dapat bergerak menguat.

Menurutnya, penguatan bursa AS dan regional Asia, menurunnya defisit neraca perdagangan Indonesia pada kuartal II/2016, rencana pengurangan pajak korporasi, dan deregulasi dari pemerintah termasuk insentif pengurangan PPh 21 itu dapat menjadi sentimen positif bagi pergerakan IHSG hari ini. Bursa Wall Street secara umum ditutup menguat pada perdagangan semalam. Penguatan mayoritas bursa AS semalam lebih karena berkurangnya kekhawatiran para investor, setelah sehari sebelumnya sempat diwarnai pelemahan akibat data penjualan ritel dan consumer sentiment yang berada di bawah ekspektasi.

Menguatnya bursa AS meningkatkan kepercayaan para pelaku pasar terhadap kebijakan moneter yang longgar dan akomodatif, sehingga dapat memberikan optimisme tambahan terhadap perekonomian AS. Adapun keberhasilan penguatan pada bursa Wall Street juga rupanya turut menjadi trigger penguatan bursa regional Asia pada pembukaan perdagangan pagi ini. Tercatat mayoritas bursa utama Asia seperti Hang Seng, Nikkei, dan Kospi dibuka menghijau. Di sisi lain, pergerakan indeks Bisnis27 juga terpantau naik 0,50% atau 2,36 poin ke 470,78, setelah dibuka menguat 0,58% atau 2,74 poin di posisi 471,16. Sementara itu, rupiah melemah 0,11% atau 14 poin ke Rp13.104 per USD  –  SOLIDGOLD BERJANGKA

sumber bisnis.com