SOLID GOLD  –  Harga Emas Naik Tipis Hampir 1%

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG    –   Rabu (26/10) harga Emas naik pada akhir perdagangan hari Rabu dinihari karena meningkatnya permintaan fisik dari India namun meningkatnya ekspektasi kenaikan suku bunga AS menahan kenaikan lebih kanjut.

Harga emas spot LLG naik 0,8% pada $ 1,274.51 per ons, sementara harga emas berjangka AS untuk Desember ditutup pada 1.273,60 per ons. Logam mulia ini sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga, yang mengangkat biaya kesempatan memegang aset non-unggul sementara USD meningkat.

Analis mengatakan permintaan dari India diperkirakan akan tetap tinggi dengan adanya festival, termasuk Dhanteras dan Diwali, yang akan dirayakan pada akhir bulan, sebagai dua dari festival Hindu yang paling penting dimana emas secara tradisional diberikan sebagai hadiah.

Pada saat yang sama, pasar tampak berhati-hati, perdagangan emas di kisaran sempit, sebagai pernyataan hawkish dari pejabat Federal Reserve AS dan data ekonomi optimis terlihat meningkatkan kemungkinan kenaikan suku bunga tahun ini.

Presiden Fed Chicago, Charles Evans, Senin tadi The Fed akan menaikkan suku bunga acuan tiga kali lebih pada akhir tahun depan, jika ekspektasi inflasi dan pasar tenaga kerja terus membaik. Sebuah survei Markit manufaktur AS naik ke atas satu tahun dari 53,2, sedangkan aktivitas bisnis di Eropa tumbuh pada laju tercepat tahun ini sejauh pada bulan Oktober.

Dalam segi teknis, dukungan untuk emas tampaknya antara $ 1.250 dan $ 1.260, yang membatasi pergerakan turun, MKS PAMP mengatakan dalam sebuah catatan. Perak naik 0,6% pada $ 17,66 per ons. Ini menyentuh lebih dari 2 minggu tinggi $ 17,88 pada sesi sebelumnya.

Platinum naik 1,2% pada $ 947,20 per ons, sementara paladium naik 1,07% pada $ 637,50. Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas pada perdagangan selanjutnya berpotensi naik dengan meningkatnya permintaan dan pelemahan bursa Wall Street. Harga diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,277 -$ 1,279, sedangkan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,273-$ 1,271.   –    SOLIDGOLD BERJANGKA