SOLID GOLD BERJANGKA  –  Gejolak Politik Arab Saudi Picu Penguatan Indeks Emas

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG  –    Harga Emas naik lebih dari 1%, terpicu gejolak politik Arab Saudi yang mendorong investor mencari aset safe haven. Dolar turun terhadap sekeranjang mata uang, juga meningkatkan emas. Harga emas spot LLG naik 1% menjadi $ 1,281.46 per ons, harga emas berjangka A.S. untuk pengiriman Desember ditutup naik $ 12,40, atau 1%  di $ 1,281.60 per ons.

Analis menyatakan masalah geopolitik di Arab Saudi selama akhir pekan dan sampai hari ini membuat harga emas naik. Raja masa depan Arab Saudi, Putra Mahkota Mohammed bin Salman, memperketat keamanannya melalui pembersihan anti-korupsi dengan menangkap bangsawan, menteri dan investor termasuk miliarder Alwaleed bin Talal yang merupakan salah satu pengusaha kerajaan paling menonjol.

Emas telah melayang lebih rendah dalam beberapa pekan terakhir, menarik kembali 2,5% dari puncaknya pada pertengahan Oktober karena ekspektasi kenaikan suku bunga The Fed ditopang oleh data AS yang optimis. Logam mulia lainnya, perak naik 2,4% pada $ 17,20 per ons, platinum naik 1,4% pada $ 931,75, dan paladium naik 0,2% pada $ 998,50 per ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi naik dengan gejolak politik di Arab Saudi, juga jika pelemahan dolar berlanjut dapat mendukung emas turun. Perlu dicermati aksi profit taking. Harga diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,283-$ 1,285, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,279-$ 1,277.  –   SOLID GOLD BERJANGKA