SOLID GOLD BERJANGKA  –  5 Negara Melarang Hijab

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG – Sesuai dengan ajaran agama islam, perempuan muslim diwajibkan untuk menutup aurat dengan hijab, khimar, burka, niqab, chadar dan lainnya. Ada beberapa raja yang melarang mereka menggunakan penutup aurat tersebut, untuk burka dan niqab. Islamophobia salah satu alasan pelarangan pakaian muslim tersebut.

Beberapa negara di dunia melarang muslimah menggunakan niqab atau burqa. Ada yang beralasannya melanggar tradisi negara, ada yang menyebutkan sebagai salah satu aturan keamanan di negara tersebut.

Tak hanya sekedar melarang, bahkan mengenakan sanksi berupa denda yang jumlahnya tidak sedikit bagi muslimah yang nekat pakai baju tersebut.

Latvia
Pemerintah Latvia melarang para muslimah mengenakan niqab atau baju kurung. Pelarangan ini dikeluarkan oleh Kementerian Kehakiman. Negara di pesisir Laut Baltik ini beralasan hendak melindungi tradisi negaranya dari pengaruh asing, dalam hal ini ajaran Islam. Padahal kemungkinan besar cuma tiga perempuan, dari 2.000 umat Islam di Latvia, yang memakai niqab.

2. Nigeria
Presiden Nigeria Muhammadu Buhari mengusulkan pelarangan hijab bagi perempuan muslim di negaranya, untuk menghindari risiko bom bunuh diri. Taktik pria atau wanita bercadar memasang bom di tubuhnya tanpa terlihat mencolok banyak dipakai jaringan teroris di negara kaya minyak Afrika itu, termasuk kelompok Boko Haram.

3. Chad
Chad merupakan negara di sisi timur Benua Afrika. Negara ini juga melarang penggunaan niqab dan burqa.

Kebijakan tersebut dicetuskan seusai insiden bom bunuh diri militan Boko Haram yang membunuh 33 orang pada Juni 2015, dan dikeluarkan oleh Perdana Menteri Kalzuebe Pahimi Deubet.

4. Perancis
Prancis merupakan negara pertama di Eropa yang melarang mengenakan cadar, seperti burqa dan niqab, di tempat umum.

Larangan kontroversial ini mulai berlaku di bulan April 2011 dan membuatnya ilegal bagi wanita Muslim untuk meninggalkan rumah mereka dengan wajah tertutup.

Perempuan dapat didenda karena mengenakan cadar. Sementara siapa pun yang menggunakan ancaman dan kekerasan untuk memaksa seorang wanita untuk memakai kerudung risiko terkena denda 30.000 euro dan satu tahun penjara. Pada bulan Juli 2014 Pengadilan HAM Eropa menegakkan larangan tersebut.

5. Belgia
Belgia adalah negara Eropa kedua setelah Prancis yang memperkenalkan larangan cadar di wajah dengan penuh. Dan, melarang burqa dan niqab di tempat umum.

Wanita yang menutupi wajah mereka di tempat-tempat umum seperti jalan dan taman dapat didenda serta dihukum sampai dengan tujuh hari di penjara. Larangan itu mulai berlaku pada Juli 2011 – SOLIDGOLD BERJANGKA

sumber : merdeka.com