SOLID GOLD  –   Fakta Menarik Dibalik Berubahnya Tampilan Rupiah

SOLID GOLD PALEMBANG    –    Hari ini (20/12) BI akan meluncurkan satu seri uang Rupiah Tahun Emisi 2016 yang terdiri dari 7 pecahan uang Rupiah kertas dan 4 pecahan uang Rupiah logam dengan gambar pahlawan. Sebagaimana Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun 2016 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional sebagai Gambar Utama pada Bagian Depan Rupiah Kertas dan Rupiah Logam Negara Kesatuan Republik Indonesia, tujuh pecahan uang Rupiah kertas dan empat pecahan uang Rupiah logam dengan gambar Pahlawan.

1.  Peluncuran pertama dalam sejarah Indonesia

Gubernur BI Agus Martowardojo mengungkapkan peluncuran 11 mata uang baru secara serentak menjadi yang pertama sejak Indonesia merdeka. Diharapkan melalui desain baru ini, kecintaan masyarakat terhadap Rupiah semakin meningkat.

2. Uang lama tetap berlaku

Gubernur BI Agus Martowardojo melakukan sosialisasi penyebaran langsung uang baru emisi tahun 2016. Masyarakat yang hadir sangat antusias menyambut penyebaran uang tersebut Agus memastikan Rupiah desain lama tetap berlaku sampai bank sentral memutuskan penghentian peredarannya suatu saat nanti.

3. Uang baru untuk mengenalkan pahlawan nasional

BI akan menerbitkan uang Rupiah NKRI dengan desain baru sebagai pelaksanaan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang UU Mata Uang, dengan ciri sebagaimana diatur dalam UU tersebut. Salah satu ciri uang dalam Pasal 7 UU Mata Uang adalah memuat gambar pahlawan nasional yang ditetapkan dengan Keputusan Presiden.

4. Uang baru punya pengamanan terbaik

Gubernur BI Agus Martowardojo menegaskan pengamanan terhadap uang tersebut lebih baik dari sebelumnya. “Kita yakinkan uang ini memiliki pengamanan yang terbaik. Pengamanan uang kertas dan logam yang baru ini antara 9 sampai 12 mulai dari benang warna dan bayangan dan lain lain,”. Agus menambahkan cara sederhana memastikan keaslian uang baru ini masih sama yaitu diraba, dilihat dan diterawang.

5. Penukaran uang bisa di bank umum hari ini

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo mengatakan masyarakat sudah dapat menukarkan uang secara langsung di kantor cabang Bank Indonesia di 33 provinsi hari ini. Besok, masyarakat sudah bisa menukarkan uang lama dengan yang baru di bank umum  –   SOLID GOLD