SOLID GOLD BERJANGKA  –  Emas Jatuh Tersungkur

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG  –  Untuk harga emas terjatuh dari level tertinggi sejak Maret 2014 atau pada posisi tertinggi baru sepanjang tahun. Pada perdagangan Senin 04 juli 2016. Sedangkan harga emas Gold Spot turun sebanyak 7,03 poin atau setara 0,52% menjadi US$1.343,76 per trouy ounce. senin (04/07), harga emas berhasil mencapai angka US$1.349,62 per troy ounce, yang menjadi puncak level tertinggi baru sepanjang tahun 2016 dan angka tertinggi sejak Maret 2014.

Ric Spooner, Chief Analyst CMC Market, menjelaskan logam mulia menjadi aset pilihan di tengah gejolak pasar keuangan. Sebagai dampak dari Brexit, ada kemungkinan yang terjadi pada kedua bank yaitu Bank of England dan Bank of Japan memberikan stimulus.

Sementara dikutip dari Bloomberg, 05 juli 2016 “Sementara itu Federal Reserve dipercaya akan meninjau ulang rencana kenaikan suku bunga. Hasilnya emas masih dapat menanjak,”.

Sedangkan natixis dalam publikasi risetnya memaparkan, adanya putusan Brexit dapat membuat The Fed menunda keputusan dalam menaikkan suku bunga sampai dengan Desember 2016. Pada masa depan perekonomian di Eropa juga masih meragukan, apabila nanti Brexit mampu menginspirasi referendum lain di negara-negara Benua Biru.

Dalam masa yang volatil, komoditas logam mulia akan semakin meningkat karena banyak para investor beralih ke aset haven. Harga emas diprediksi dapat mencapai US$1.330 per trouy ounce pada bagian paruh kedua tahun ini, sehingga sepanjang tahun 2016 rerata nilai jual adalah US$1.275 per troy ounce.

“Setelah sempat mengalami sentimen terhadap Brexit, pasar akan tertuju pada sentimen The Fed dan kondisi perekonomian AS sebagai pendorong utama harga emas,”.

Dalam skenario harga tertinggi, berpisahnya Inggris dan UE menyebabkan ketegangan di regional dan mendorong emas beranjak ke level US$1.400 per troy ounce. Dalam dua tahun mendatang, ketegangan yang terjadi di zona Eropa masih berlangsung sehingga harga logam mulia tersebut menuju ke US$1.750 per troy ounce  –  SOLIDGOLD BERJANGKA

sumber : bisnis.com