SOLID GOLD BERJANGKA  –  Bursa Saham Eropa Lebih Condong Menguat

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG  –  Seputar saham (03/05) Pergerakan bursa saham Eropa berakhir menguat pada perdagangan pertama pasca libur, ditopang oleh penguatan pada saham defensif dan hasil laporan keuangan yang melebihi ekspektasi dari BP Plc. dan Aberdeen Asset Management Plc. Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,8%, ke level tertinggi dalam hampir 21 bulan.

Perusahaan-perusahaan teknologi, konstruksi, dan real estate memimpin penguatan saham. Indeks acuan tersebut reli ke level tertingginya sejak Agustus 2015 pekan lalu, di tengah optimisme seputar hasil putaran pertama pemilihan presiden di Prancis.

Seperti dikutip dari Bloomberg , saham BP Plc. menanjak 1,6% setelah laporan laba kuartal pertamanya melampaui estimasi, didukung oleh harga minyak mentah yang lebih tinggi dan upaya pemangkasan biaya. Adapun saham Aberdeen melesat 4,3% setelah aliran dana keluarnya melambat pada paruh pertama tahun ini, sementara pendapatannya memenuhi proyeksi.

Di sisi lain, saham Ocado Group Plc. melonjak 5,8% menyusul laporan atas rencananya untuk mendiskusikan kerja sama dengan Marks & Spencer Group Plc. Setelah bertahun-tahun mengalami kekecewaan, perusahaan-perusahaan Eropa akhirnya memenuhi harapan pasar, dengan musim laporan keuangan terbaik dalam hampir tujuh tahun.

Para pakar strategi dari Bernstein, termasuk Alla Harmsworth, memprediksi pergerakan saham Eropa dapat naik 14% selama 12 bulan ke depan. Dalam suatu riset, mereka menaikkan penilaian mereka atas saham-saham perbankan di zona Eropa menjadi overweight dari underweight.  –  SOLID GOLD BERJANGKA