SOLID GOLD BERJANGKA  –  Bursa Jepang Menuju Penguatan

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG  –  Jumat (12/08) bursa saham Jepang bergerak menuju penguatan terbesar dalam 1 bulan terakhir menyusul melemahnya yen terhadap USD. Indeks Topix menguat 0,8% ke level 1.325,46, menuju penguatan 3,6% pekan ini. Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average menguat 1%. Yen melemah 0,1% ke 102,08 yen per USD setelah melemah 0,7%.

Seperti yang dikutip dari data Bloomberg. Yoshinori Ogawa, analis senior Okasan Securities Co “Pasar luar negeri terus menjadi kuat, dan penguatan yen telah mereda, sehingga pembeli akan memimpin pasar pagi ini”.  Saham Toshiba Corp menguat 4,1% menjelang keluarnya hasil keuntungan pada kuartalannya. Dari surat kabar Nikkei melaporkan, seperti yang dikutip Bloomberg, produsen chip kemungkinan akan membukukan keunungan sekitar 20 miliar yen.

Shikoku Electric Power Co menguat 5,5% setelah perusahaan memulai kembali reaktor nuklir Ikata No 3. Sementara itu, Japan Display Inc. melanjutkan pelemahan hingga 6,1% setelah memperkirakan kerugian operasional. Produsen panel LCD ini diperkirakan akan mendapatkan puluhan miliar yen dalam bentuk pinjaman dan jaminan pinjaman dari Network Corp. Of Japan.

2 hari yang lalu indeks Topix ditutup melemah 0,20% atau senilai dengan 2,66 poin ke 1.314,83, sedangkan indeks Nikkei 225 Stock Average ditutup melemah 0,18% atau senilai dengan 29,85 poin ke level 16.735,12. Chihiro Ohta, analis senior SMBC Nikko Securities Inc. “Pasar mengambil nafas, dengan banyak investor berlibur pada musim panas” Raksasa telekomunikasi Jepang SoftBank Group Corp memberikan dorongan terbesar untuk indeks Nikkei 225 dengan penguatan sebesar 2,6% Sementara itu, saham Bridgestone Corp menjadi penekan utama sektor produsen ban dengan melemah hingga 6,8%.

Produsen kosmetik Shiseido Co ditutup merosot 7,5% setelah perusahaan memotong perkiraan keuntungan operasional tahunan sebesar 21%. Sementara itu, Seperti yand dikutip Bloomberg, Japan Display Inc. tepuruk  5,8%, pembuat panel ini akan mendapatkan puluhan miliar yen dalam bentuk pinjaman dan jaminan pinjaman dari pemerintah Innovation Networtk Corp of Japan. Sementara itu, data pemerintah Jepang menunjukkan tingkat pesanan mesin inti, yang merupakan indicator utama belanja modal, naik 8,3% pada bulan Juni, jauh di atas perkiraan median dalam survei Reuters yang mencapai 3,1%   –   SOLIDGOLD BERJANGKA

sumber : bisnis.com