SOLID GOLD  –  Bursa Asia Turun ke 140,57 Poin

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG    –     Harian solid  (07/10) Bursa Asia bergerak melemah menjelang rilis data payroll AS. Indeks MSCI Asia Pacific turun kurang dari 0,1% ke 140,57. Sepanjang tahun 2016, indeks telah menguat 6,5%. Ric Spooner, Chief Market Analyst CMC Markets, mengatakan pasar tampaknya akan tetap waspada jelang data payroll AS. Indeks Kospi Korea Selatan melemah 0,1%, ASX200 milik Australia turun 0,4%. NZX 50 milik Selandia Baru turun 0,8%, dan indeks Hang Seng milik Hong Kong tergelincir 0,2%.

Kamis tadi  Indeks MSCI Asia Pacific di luar Jepang menguat 0,4%, sementara indeks Nikkei Jepang ditutup menguat 0,5%. Penguatan juga diharapkan di pasar saham Eropa, dengan investor memperkirakan 0,1% pada indeks FTSE Inggris dan masing-masing 0,2% di indeks DAX Jerman dan CAC Perancis.

Pada hari Rabu, indeks S&P 500 AS menguat 0,43%, dipimpin oleh sektor perbankan dan energi. Seperti diketahui aktivitas sektor jasa AS meningkat tajam pada September dari level terendah enam tahun terakhir pada Agustus, menyusul peningkatan yang sama dari aktivitas manufaktur AS.

Seperti yang dikutip dari Reuters, Chotaro Morita, kepala analis obligasi SMBC Nikko Securities  “Indeks manufaktur dan jasa pulih dari penurunan besar pada Agustus. Meskipun tidak jelas apa yang mendasari tren ekonomi AS ini, mengingat pemulihan ekonomi Jepang dan China tampaknya rebound untuk saat ini.” Berkembangnya optimisme pada perekonomian AS meningkatkan probabilitas bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga pada bulan Desember mendatang   –   SOLIDGOLD BERJANGKA