SOLID GOLD BERJANGKA   –    Bursa Asia Mengikuti Rebound Saham AS

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG    –    Berita hari ini (13/09) bursa saham Asia menguat, mengikuti rebound tajam saham AS, menyusul nada dovish Pejabat Federal Reserve Lael Brainard. Indeks MSCI Asia Pacific menguat 0,5% ke posisi 138,37, menutup beberapa kerugian terbesar pada perdagangan Senin.

Sementara itu, indeks Dow Jones Industrial Average ditutup menguat 1,32% ke level 18.325,07, sedangkan indeks Standard & Poor’s 500 melonjak 1,47% ke posisi 2.159,04. Seperti dilansir dari data Bloomberg, Dewan Gubernur The Fed Lael Brainard menyerukan kehati-hatian menjelang pengetatan kebijakan moneter dalam pidatonya pada hari Senin.

Pidato Brainard ini telah diawasi ketat karena merupakan yang terakhir dijadwalkan sebelum pertemuan bank sentral pada 20-21 September mendatang. Indeks Topix yang menguat 0,49% bahkan setelah yen menguat, sedangkan indeks S&P/ASX 200 Australia yang juga menguat 0,8% dan indeks S&P/ZX 50 Selandia Baru menguat 0,5%. Untuk indeks Kospi Korsel bergerak menguat 0,9%.

5 hari yang lalu Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,5% ke 141,30. Pergerakannya kemudian lanjut melemah 0,5%. Seperti dilansir Bloomberg hari ini, pergerakan indeks MSCI mengarah menuju kenaikan sebesar 2,8% pekan ini, penguatan terbesar dalam sebulan, di saat para pedagang mengurangi prediksi bahwa bank sentral AS Federal Reserve akan menaikkan suku bunga acuannya bulan ini.

Di sisi lain, terdapat spekulasi apakah BOJ akan menambah kebijakan stimulusnya. Sementara itu, pergerakan saham di AS dan Eropa melemah setelah Gubernur ECB Mario Draghi mengecilkan prospek peningkatan pada pembelian aset pada saat kecemasan terhadap dampak Brexit pada zona Eropa bertambah.

James Woods, ahli strategi Rivkin Securities. “Ketika keputusan ECB mengecewakan, kita masih dapat mengharapkan stimulus tambahan menjelang akhir tahun di saat terdapat banyak ketidakpastian di Eropa. Para investor mungkin akan menanti menjelang petemuan kebijakan The Fed dan BOJ”.

Sejalan dengan pergerakan bursa Asia, indeks Topix Jepang naik 0,3% setelah nilai tukar yen melemah 0,7% terhadap USD. Indeks Kospi Korea Selatan turun 0,8%, sementara indeks S&P/NZX 50 New Zealand terbalik 0,2% dan indeks S&P/ASX 200 Australia melemah 0,8%   –   SOLIDGOLD BERJANGKA

sumber : vibiznews.com