SOLID GOLD  –  Bursa Asia Mengalami Rebound Pasca Pipress AS

SOLID GOLD PALEMBANG    –    Kamis (10/11) Bursa saham Asia dilaporkan rebound dari pelemahan tajamnya sejak Brexit, setelah kemenangan Donald Trump sebagai Presiden AS yang berkomitmen mendorong belanja negara memicu penguatan pada bursa saham AS. Indeks MSCI Asia Pacific menanjak 1,9%, rebound dari penurunan tajam sebesar 3,2% pada perdagangan kemarin yang menjadi pelemahan terbesar sejak Inggris memutuskan hengkang dari Uni Eropa.

Seperti dilansir Bloomberg hari ini, indeks MSCI Asia Pacific Index pagi ini mengalami kenaikan terbesar dalam tiga pekan, didorong oleh penguatan saham produsen bahan baku. Imbal hasil obligasi pemerintah 10-tahun di Australia dan New Zealand naik lebih dari 20 bps di tengah spekulasi rencana belanja Trump akan memicu inflasi.

Presiden terpilih AS tersebut telah berjanji untuk mengawasi dengan keras imigrasi ke AS serta menegosiasikan kembali perjanjian perdagangan bebas. Kemenangan Trump juga telah mengaburkan gambaran untuk kebijakan moneter America di tengah spekulasi dia dapat membangun stimulus fiskal serta juga meneruskan agenda yang lebih pro bisnis.

Sejalan dengan penguatan bursa Asia, indeks Topix Jepang melonjak 5,3% setelah terjun 4,6% di sesi perdagangan sebelumnya. Sementara itu, indeks saham acuan di Australia dan New Zealand menguat lebih dari 2%.  Kemarin indeks Topix merosot 4,6%, terseret oleh eksportir setelah yen melonjak paling tajam dalam tiga bulan terakhir.

Sedangkan indeks Taiex Taiwan turun 3% menuju pelemahan terbesar sejak Agustus tahun lalu. Adapun indeks Kospi Korea Selatan turun 2,3%, indeks S&P/NZX 50 Selandia Baru merosot 3,3% dan S&P/ASX 200 Australia turun 1,9%.   –    SOLIDGOLD