SOLID GOLD  –  Bursa Asia Menunjukkan Sisi Positif

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG    –     Senin (03/10) bursa Asia bergerak menguat pada perdagangan  seiring meredanya kekhawatiran akan performa sektor perbankan Eropa dan melajunya bursa Jepang akibat pelemahan yen. Indeks MSCI Asia Pacific menguat 0,3% ke angka 140,12. Indeks Topix Jepang naik 0,8%, sementara yen diperdagangkan di level 101,53 per USD atau melemah selama lima sesi berturut-turut.

Angus Nicholson, Analis Pasar Modal di IG Ltd Melbourne, mengatakan pasar saham Asia tampak siap untuk melaju hari ini. Indeks NZX50 milik Selandia Baru tergelincir 0,2%. Pasar saham Malaysia dan Korea Selatan tengah diliburkan, sementara China tutup sepanjang minggu.

Indeks sentimen bisnis Jepang yang dilansir Tankan pada kuartal III/2016 menunjukkan kinerja manufaktur besar masih terseok-seok, dan tantangan bagi bank sentral untuk merevitalisasi perekonomian makin besar.

Akhir bulan lalu Indeks MSCI Asia Pacific melemah 0,9% ke level 140,05. Saham-saham finansial menjadi pemberat utama seiring saham Mitsubishi UFJ Financial Group Inc jatuh 1%, dan perbankan Australia termasuk Commonwealth Bank of Australia juga melemah.

Adapun saham Deutsche Bank di AS anjlok ke level terendah, memberatkan saham-saham finansial setelah Bloomberg News melaporkan sejumlah hedge funds mulai mengurangi alokasi keuangan mereka ke perbankan. Bursa Korea Selatan Kospi turun 0,7%, indeks Australia S&P/ASX 200 melemah 0,5%, dan indeks Selandia Baru S&P/NZX 50 melemah 0,4%.

Kemudian Indeks MSCI Asia Pacific di luar Jepang melemah 1% dan menuju penurunan 0,9%. Tetapi masih diproyeksikan menguat 1,7% pada September, dan 9% sepanjang kuartal ke 3. Penyebab langsung dari krisis Deutsche adalah denda hingga US$14 miliar pada Departemen Kehakiman AS atas penjualan sekuritas berbasis mortgage.

Rilis berbagai data ekonomi AS pekan depan juga berkontribusi terhadap kegelisahan pasar, dengan kemungkinan kenaikan suku bunga Federal Reserve pada bulan Desember masih berkisar 50%. Data yang akan dirilis termasuk indeks manufaktur bulan September dan belanja konstruksi di bulan Agustus pada Senin, indeks non-manufaktur di bulan September dan pesanan pabrik Agustus pada Rabu, sertanon-farm payrolls di bulan September pada hari Jumat.  –   SOLIDGOLD BERJANGKA