SOLID GOLD  –  Bursa Asia Bergerak Flat Kegagalan RUU Kesehatan Parlemen

SOLID GOLD PALEMBANG  –  Berita solid (27/03) Bursa Asia bergerak tipis di luar Jepang bergerak flat di awal perdagangan, meskipun pasar saham Australia jatuh 0,9% pada pembukaan. Membuka pekan ini, pelaku bursa saham Asia memilih sikap hati-hati, setelah kegagalan voting RUU Kesehatan di parlemen.

RUU Kesehatan tersebut diusung Presiden AS Donald Trump untuk menggantikan Obamacare. Tidak lolosnya RUU tersebut memicu kekhawatiran pasar terkait prospek rencana Trump terkait timulus fiskal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Meningkatnya ketidakpastian kebijakan, juga mengangkat kekhawatiran bahwa kebangkitan baru dalam bisnis dan sentimen konsumen, khususnya di Asia.

Beberapa hari lalu Indeks MSCI Asia Pacific di luar Jepang merosot 0,3% ke level terendah empat pekan. Indeks telah merosot hingga 3,7% sejak terpilihnya Donald Trump sebagai presiden AS selanjutnya. Sejak terpilihnya Trump, dolar AS terus menguat di tengah prospek kebijakan pemotongan pajak dan peningkatan pengeluaran oleh Trump, sehingga mengancam akan menyedot modal dari pasar negara berkembang.

Memimpin pelemahan, bursa saham Hong Kong turun ke level terendah empat bulan karena dolar Hong Kong melonjak sejalan dengan dolar AS, dan setelah saham asuransi terkena peringatan regulator dari China. Selain itu, investor menjadi hati-hati setelah pemerintah China berjanji akhir pekan lalu untuk membendung gelembung aset di tahun 2017 dan mengedepankan pencegahan risiko keuangan  –  SOLID GOLD