SOLID GOLD  –   Bursa Asia Bertahan Diposisi 138,28

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG   –    Harian solid (18/10) pergerakan bursa saham Asia dilaporkan menguat, di tengah beragam data ekonomi AS yang menyebabkan kemungkinan kebijakan moneter untuk tetap akomodatif. Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,1% ke 138,28, sementara indeks Topix Jepang turun 0,1% di saat yen diperdagangkan di posisi 103,88 per USD.

Seperti dilansir dari data Bloomberg, para investor menghindari untuk mengambil risiko menjelang debat ketiga calon Presiden AS esok hari serta di saat pasar menimbang data ekonomi dan retorika dari para pembuat kebijakan terhadap waktu kenaikan suku bunga AS oleh The Fed.

Di sisi lain, Wakil Gubernur The Fed, Stanley Fischer, kemarin menyatakan bahwa dia melihat batasan atas seberapa jauh bank sentral tersebut dapat melancarkan strategi yang ditujukan untuk mengurangi tingkat pengangguran.

Fischer juga tidak memberikan komentar secara langsung atas perkiraannya terhadap kapan The Fed harus menaikkan suku bunga selanjutnya, meskipun dia menyatakan bahwa The Fed tersebut saat ini sangat dekat mencapai tujuannya menciptakan lapangan pekerjaan penuh dengan harga yang stabil.

Sejalan dengan pergerakan bursa Asia, indeks S&P/ASX 200 Australia pagi ini dilaporkan naik 0,2%, sementara indeks S&P/NZX 50 New Zealand drop 1,3% dan indeks Kospi naik 0,1%.

Kemarinnya Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,1% ke 138,25, sementara indeks Topix Jepang menguat 0,2% di saat yen diperdagangkan di posisi 104,11 per USD. Seperti dilansir Bloomberg, para investor saat ini memantau data ekonomi utama AS, termasuk data produksi industri dan inflasi, untuk menimbang waktu kemungkinan kenaikan suku bunga acuan The Fed.

Gubernur The Fed, Janet Yellen, pada Jumat mengisyaratkan bahwa bank sentral AS tersebut akan tetap berhati-hati dalam penaikan suku bunganya. Saat ini kemungkinan langkah pengetatan kebijakan moneternya tersebut berada di atas 60% untuk bulan Desember. Sejalan dengan pergerakan bursa Asia, indeks S&P/ASX 200 Australia pagi ini dilaporkan naik 0,1%, sementara indeks S&P/NZX 50 New Zealand melemah 0,8% dan indeks Kospi naik 0,2%.  –   SOLIDGOLD BERJANGKA

sumber : market.bisnis.com