SOLID GOLD  –   Bursa Asia Terpeleset Jelang Akhir Pekan

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG   –    Kamis (08/09) pergerakan bursa saham Asia dilaporkan tergelincir dari level tertingginya dalam 13 bulan, seiring penurunan saham produsen bahan baku dan perusahaan perawatan kesehatan. Indeks MSCI Asia Pacific terpeleset 0,3% ke 141,70 kemudian ditutup di level tertingginya sejak tanggal 24 Juli 2015 perdagangan kemarin. Pergerakannya lanjut turun 0,2%.

Seperti dilansir Bloomberg hari ini, indeks MSCI Asia Pasifik turun untuk pertama kalinya dalam pekan ini di saat indeks teknis cenderung mengisyaratkan perubahan arah pergerakan. Bursa saham Australia mengalami penurunan terbesar dalam 5 pekan dan indeks Topix Jepang memperpanjang penurunan kemarin.

Sejalan dengan pergerakan bursa Asia, indeks S&P/ASX 200 Australia jatuh 0,9% dan indeks Topix turun 0,2%. Indeks Kospi naik 0,3%, sementara indeks S&P/NZX 50 New Zealand yang memiliki kinerja terbaik di antara pasar negara maju lainnya tahun ini, melemah 0,5% dari level tertingginya.

Sedangkan 1 hari sebelumnya Indeks MSCI Asia Pacific selain Jepang naik 0,4% ke 458,02. Seperti dilansir Bloomberg, prediksi bahwa The Fed akan menaikkan suku bunganya pada pertemuan bulan ini turun menjadi 24% dari 32% pekan lalu pasca rilis data industri jasa AS yang turun ke level terendah dalam enam tahun. Prospek suku bunga AS akan dipertahankan lebih lama membebani pergerakan USD terhadap mata uang yen Jepang.

Institute for Supply Management melaporkan bahwa indeks PMI non-manufaktur merosot ke level 51,4, terendah sejak bulan Februari 2010. Rilis data ekonomi AS tersebut melengkapi serangkaian data ekonomi AS sebelumnya yang juga secara tidak terduga menunjukkan pelemahan.

Michael McCarthy, Kepala strategi pasar CMC Markets “Rangkaian data ekonomi yang lemah akhir-akhir ini  telah mempersulit The Fed untuk menaikkan suku bunganya bulan ini. Hal ini sejalan dengan pergerakan bursa Asia, seperti indeks Topix melemah 0,8%, indeks Kospi naik 0,1%, lalu indeks S&P/NZX 50 New Zealand naik 0,1%    –   SOLIDGOLD BERJANGKA

sumber : market.bisnis.com