SOLID GOLD BERJANGKA  –  Bursa Asia Mengalami Penguatan

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG  –  Bursa saham Asia mengalami penguatan pada awal perdagangan 12 juli 2016, dipengaruhi oleh pelemahan tajam yen pada perdagangan kemarin yang membawa kenaikan cukup signifikan pada pergerakan saham Jepang dan reli bursa saham AS ke level tertinggi.

Sedangkan Indeks MSCI Asia Pacific menguat sebanyak 0,9% ke 131,80 , mengarah ke kenaikan tertinggi sejak 8 Juni.

Sementara, indeks Topix melesat sebanyak 2,2% setelah yen mengalami perlemahan terdalam sejak bulan Oktober 2014 seiring rencana PM Shinzo Abe untuk menambahkan stimulus fiskal menyusul hasil dari kemenangan partai berkuasa.

Pergerakan saham di seluruh dunia mengalami reli di tengah spekulasi bahwa para pembuat kebijakan akan mengambil tindakan sebagai langkah untuk menangkal kejatuhan akibat dampak Inggris berpisah dari UE, dengan Bank of England yang diprediksi memangkas suku bunganya minggu ini.

Di sisi lain, para investor telah menaikkan probabilitas penaikan tingkat suku bunga Federal Reserve menjadi sekitar 29% setelah laporan data tenaga kerja bulan lalu yang melampaui ekspektasi.

Seperti yang dilansir dari Bloomberg, Selasa (12/07) Michael McCarthy, sebagai Kepala Strategi Pasar CMC Markets Asia Pacific Pty., “Kemungkinan ada kenaikan suku bunga the Fed tahun ini secara mengejutkan tetap rendah bahkan ketika data tenaga kerja membaik. Kebijakan moneter yang akomodatif mendukung pergerakan bursa saham dalam jangka waktu pendek,” .

Untuk Indeks S&P/ASX 200 Australia pagi ini menguat 0,4%, disusul indeks S&P/NZX50 New Zealand yang mengalami sedikit perubahan, sementara indeks Kospi Korea Selatan naik 0,1%.

Sedangkan dari data 11 juli 2016 Indeks MSCI Asia Pacific menanjak 1,5%, setalah mengalami kenaikan kedua dalam tiga hari. Sementara, indeks Topix melesat 2,8% di Tokyo.

Seperti dilansir oleh Bloomberg hari ini, data nonfarm payroll AS Juni yang menunjukkan peningkatan jumlah tenaga kerja sebesar 287.000 mengindikasikan penguatan dibandingkan data bulan sebelumnya.

Sementara bursa saham Jepang melonjak ke level tertinggi sejak April, didorong oleh saham sektor industri dan tambang menyusul data laporan ketenagakerjaan AS yang lebih kuat dari perkiraan tersebut. – SOLIDGOLD BERJANGKA

sumber : bisnis.com