SOLID GOLD BERJANGKA  –  Minyak Mentah Turun, Harga Batu Bara Anjlok

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG – Harga batu bara anjlok, saat minyak terjerembab lebih dari 2%. harga batu bara untuk kontrak Januari 2018, kontrak teraktif di bursa komoditas Rotterdam, ditutup anjlok 1,66% atau 1,45 poin di US$85,70/metrik ton. Harga batu bara kontrak Januari melanjutkan pelemehannya untuk hari kedua berturut-turut setelah berakhir turun 0,74% di level 87,15. Sejalan dengan batu hitam, harga minyak dunia berakhir anjlok, di tengah kekhawatiran tentang berlanjutnya kelebihan pasokan global.

Harga minyak West Texas Intermediate untuk pengiriman November anjlok 2,95% atau 1,50 poin di level US$49,29 per barel di New York Mercantile Exchange. Adapun minyak Brent untuk pengiriman November ditutup anjlok 2,42% atau 1,38 poin di US$55,62 per barel di ICE Futures Europe exchange yang berbasis di London.

Padahal pada sesi perdagangan Kamis, harga minyak berbalik naik atau rebound dengan kuat, setelah Raja Saudi Salman dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow membahas perluasan partisipasi Rusia dalam sebuah kesepakatan untuk mengurangi produksi minyak mentah global. Rusia mengklarifikasi komentar di pasar minyak yang dibuat oleh Putin sebelumnya.

Dilansir Reuters, Putin disebut tidak mengusulkan untuk memperpanjang kesepakatan pemotongan produksi minyak global, tetapi hanya menyatakan hal tersebut sebagai sebuah kemungkinan. Di sisi lain, dalam hal data, perusahaan jasa ladang minyak Baker Hughes dalam laporan mingguannya mengungkapkan bahwa jumlah rig yang beroperasi di ladang-ladang minyak AS turun dua rig menjadi total 748 rig pekan lalu  –  SOLID GOLD BERJANGKA