SOLID GOLD BERJANGKA  –  4 Misteri Sains

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMANG   –  Selama berabad-abad, para ilmuwan secara perlahan menjelaskan berbagai misteri kehidupan melalui sains. Banyak sekali fenomena dari nenek moyang kita yang sebelumnya merupakan mitos atau yang berhubungan dengan ilmu gaib, ternyata bisa dengan mudah dijelaskan dengan ilmu biologi atau beberapa bidang ilmu lain.

1. Mengapa ikan hiu martil punya kepala berbentuk demikian?
Dari semua jenis dan spesies ikan hiu yang ada di dunia, ikan hiu martil adalah yang paling misterius. Makhluk laut tersebut mendapatkan namanya dari bentuk unik dari kepalanya yang punya sedikit kemiripan dengan palu. Para ilmuwan sendiri lebih sering menamai bentuk kepala hiu martil dengan sebutan “cephalofoil.” Hiu martil sendiri adalah spesies hiu termuda yang masih ada hingga sekarang. Spesies hiu pertama kali muncul pada 450 Juta tahun yang lalu, dan hiu martil hanya 20 Juta tahun yang lalu.
2. Apa fungsi dari selaput dara?

Selaput dara secara tradisional langsung dikaitkan dengan keperawanan. Namun di kehidupan modern selaput dara tak selalu berhubungan dengan keperawanan. Buktinya selaput dara bisa robek hanya dengan berolahraga dan penggunaan tampon. Belum selesai membingungkan kegunaan selaput dara untuk manusia, ternyata ilmuwan juga menemukan bahwa selaput dara juga dimiliki oleh mamalia lain seperti gajah dan bahkan Paus.

3. Mengapa terkadang manusia tak bisa berjalan lurus?

Kita seringkali kesulitan untuk berjalan lurus. Kita berpikir kita berjalan lurus-lurus saja, sampai akhirnya kita sadar bahwa kita berjalan ke arah yang melenceng dari yang seharusnya. Bahkan seorang ilmuwan asal Jerman bernama Jam Souman mengadakan penelitian yang menunjukkan bahwa manusia tak bisa berjalan di garis lurus. Untuk menjalani penelitiannya, Souman menutup mata para partisipannya dan menginstruksikan mereka untuk berjalan lurus selama satu jam. ALih-alih berjalan lurus, mereka justru berjalan dengan membentuk lingkaran. Dua kali melakukan percobaan tersebut, hasilnya pun tak berbeda.

4. Mengapa manusia mempunyai bulu kemaluan?

Tentu Anda seringkali bingung mengapa manusia memiliki rambut di area kemaluan. Di samping tak menarik, hal ini juga cukup mengganggu hingga tak ada hal tabu yang melarang bulu kemaluan untuk dicukur habis. Meski seharusnya hal ini memiliki fungsi tertentu, ternyata para ilmuwan tak mengetahui secara pasti fungsi dan manfaat apa yang bisa diberikan bulu kemaluan untuk kesehatan manusia. Beberapa teori akhirnya muncul untuk mencoba menjelaskan manfaat dari bulu kemaluan, meski belum ada jawaban yang jelas  –  SOLIDGOLD BERJANGKA

sumber : merdeka.com