Harga Emas Mengalami Anjlok Dua Persen – Solid Berjangka

SOLID BERJANGKA PALEMBANG – Harga emas turun lebih dari 2 persen pada hari Kamis untuk menembus di bawah level psikologis utama USD 1.800 karena kenaikan dolar dan imbal hasil Treasury AS mengikis daya tarik emas batangan.

Pada Jumat harga emas di pasar spot turun 2,3 menjadi USD 1.791,76 per ounce pada pukul 1:43 sore. EST (1843 GMT), setelah
menyentuh level terendah lebih dari dua bulan di USD 1.784.76. Emas berjangka AS turun 2,4 persen pada USD 1.791,20.

Sementara Perak turun 2,3 persen menjadi USD 26,26.

Harga perak telah turun lebih dari 13 persen sejak kegilaan ritel gaya GameStop mengirimnya ke level tertinggi dalam hampir delapan tahun di USD 30,03 pada hari Senin.

Emas Bisa Turun

Emas bisa turun lebih rendah dan berkonsolidasi dalam menanggapi seluruh gagasan bahwa AS dan ekonomi global sedang pulih kata Bart Melek, kepala strategi komoditas di TD Securities.

Namun, perak bisa mendapatkan keuntungan dari permintaan industri, tambah Melek.

Mengurangi beberapa kekhawatiran atas kesehatan ekonomi adalah penurunan di Amerika yang mengajukan aplikasi baru untuk tunjangan pengangguran minggu lalu.

Membuat harga emas batangan lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Puncak Dolar

Dolar mencapai puncak lebih dari dua bulan sementara imbal hasil Treasury AS jangka panjang naik karena mengantisipasi paket bantuan pandemi besar dari Washington dan pasar tenaga kerja AS yang stabil.

Sementara harga emas biasanya memperoleh keuntungan dari lebih banyak stimulus, karena dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dari langkah-langkah stimulus yang meluas.

Imbal hasil yang lebih tinggi menantang status tersebut karena meningkatkan biaya peluang untuk memegang emas batangan yang tidak memberikan hasil.

Meningkatnya ekspektasi tentang berakhirnya pandemi yang relatif cepat meningkatkan harapan pemulihan ekonomi dan dengan itu kemungkinan bank sentral mengurangi stimulus moneter hiper-dovish saat ini.

Kata kepala analis ActivTrades Carlo Alberto De Casa dalam sebuah catatan – SOLID BERJANGKA