7 Cara Agar Komputer Tidak Lemot – Solid Berjangka

SOLID BERJANGKA PALEMBANG – Terkadang kita sering mengalami beberapa masalah ketika kita menggunakan komputer/PC kita. Salah satunya adalah komputer/PC kita menjadi lambat. Hal ini tentu sangat mengganggu jika kita memiliki kebutuhan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan secara  cepat, berikut ini beberapa tips

1. Matikan Startup Program yang Tidak Perlu

Cara PC agar tidak lemot yang pertama adalah mematikan startup program. Apakah itu startup program? Startup program merupakan program-program yang mulai berjalan sejak  PC dinyalakan.

Untuk sistem operasi Windows, Anda dapat melakukan langkah berikut:

Klik tombol Start > ketikkan msconfig > Tekan Enter
Pilih Startup dan matikan (uncheck) program yang tidak perlu
Klik OK dan restart PC Anda

2. Uninstall Program yang Jarang Digunakan

Cara PC agar tidak lemot berikutnya adalah dengan menghapus program yang ada pada PC  Anda. Seiring perkembangan waktu tentu semakin banyak aplikasi-aplikasi yang membuat Anda penasaran, baik itu game atau freeware.

Tentunya Anda ingin menginstall dan  mencoba semuanya, akan tetapi jika anda perhatikan lebih detail, program komputer yang terlalu banyak tersebut akan memakan sumberdaya ruang pada kompter anda, dan jadilah komputer anda akan menjadi lambat.

Untuk menghapus program aplikasi yang terinstall, anda dapat melakukan cara berikut:

Masuk ke Control Panel dengan cara Klik Start > Control Panel
Pilih Add or Remove Program
Pilih program yang tidak Anda perlukan.

3. Bersihkan Registry Komputer Anda

Membersihkan registry komputer merupakan salah satu cara agar PC tidak lemot berikutnya. Meskipun tidak terlalu besar pengaruhnya, tapi cara ini cukup efektif jika anda sering melakukan uninstall/install software pada PC Anda.

Program yang telah di-uninstall terkadang meninggalkan bekas, bekas tersebut tertanam  di dalam registry komputer. Nah untuk membersihkan registri tersebut

4. Lakukan System Scan dengan Anti-Virus

Masih tetap lambat? Kalau begitu anda harus mencoba cara agar PC tidak lemot berikutnya. Ya, virus atau malware bisa jadi salah satu faktor yang membuat kinerja komputer anda melambat.

Bisa jadi virus tersebut meninfeksi komputer anda dan memakan sumber daya komputer seperti prosesor dan hardisk. Selain itu malware juga dapat menghapus atau menyembunyikan file-file yang penting.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika anda menginstall berbagai antivirus yang dilengkapi dengan fitur online protection serta melakukan scan dan update secara berkala.

5. Bersihkan Komputer

Jika kinerja komputer anda menurun, bisa jadi itu karena faktor hardware fatigue. Nah, untuk mengatasi hal tersebut diperlukan cara agar PC tidak lemot dengan metode konvensional : yaitu dengan membersihkan PC Anda.

Adapun beberapa hal yang dapat Anda lakukan antara lain : membersihkan kipas case,menambah pasta pada proccessor, dan melakukan penggantian pada kabel PCI.

6. Lakukan Defragment Pada Hardisk

Cara PC agar tidak lemot yang ke-6 adalah dengan melakukan defragment pada PC anda, Defragment merupakan proses pengaturan dan penyusunan file-file yang ada pada pita hardisk.

sehingga data pada harddisk dapat diakses dengan lebih cepat oleh komponen – komponen komputer yang lain. Ini dapat melakukan defragment dengan built in tools yang ada pada Windows atau Aplikasi tambahan seperti Defraggler.

7. Upgrade Komponen

Jika cara di atas sudah anda tempuh dan komputer anda sudah teroptimasi, tetapi anda masih merasa komputer anda lambat, maka anda bisa melakukan cara PC agar tidak lemot yang terakhir, yaitu Upgrade Komponen.

Hal ini tentu bisa menjadi penguras kantong anda. Akan tetapi, jika anda melakukan penyesuaian terhadap hardware untuk kelancaran pekerjaan, maka tentulah hal tersebut bukanlah hal yang merugikan.

Terlebih lagi software zaman sekarang kebanyakan rakus akan sumber daya, baik processor, RAM dan media penyimpanan – SOLID BERJANGKA

Sumber : lintangtech