Cara Ampuh Redakan Demam Secara Mandiri

SOLID BERJANGKA PALEMBANG – Perlu kamu tahu, sebenarnya demam bukanlah penyakit. Demam hanya merupakan reaksi sistem imun terhadap infeksi, penyakit, bakteri, atau kondisi lain sebagai pertahanan tubuh.

Kamu nggak perlu panik dan buru-buru pergi ke dokter atau minum obat. Beristirahat dengan cukup saja akan menurunkan demam secara berangsur kok.

Meski begitu, terkadang demam membuat seseorang jadi lemas. Berikut beberapa cara menurunkan demam yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Kompres Kain Hangat

Cara ini bisa memperlebar pembuluh darah yang mana akan membuat produksi keringat meningkat.

Keringat ini nantinya bisa bantu mengeluarkan panas dari dalam tubuh secara alami. Agar lebih efektif, taruh kompres hangat ini di sekitar ketiak.

Mandi Air Hangat

Mandi air hangat bisa bantu menyejukkan tubuh, meringankan nyeri otot, dan mengatasi masalah hidung yang tersumbat karena pilek lo!

Pastikan air nggak terlalu panas agar suhu badan nggak langsung naik.

Minum Air Putih

Dehidrasi bisa meningkatkan suhu tubuh yang membuat kita jadi merasa pusing dan sakit kepala.

Makanya, kamu disarankan untuk minum sedikitnya 250 ml air mineral setiap dua jam.

Memakai Kaos Kaki Basah

Kaus kaki basah bisa mengedarkan cairan getah bening serta aliran darah lebih kencang ke ujung kaki. Nantinya, ini bisa merangsang aktivitas sistem imun pada tubuh yang mengalami penurunan akibat demam.

Konsumsi Buah Vitamin C

Kandungan vitamin C pada buah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi akibat bakteri atau virus. Tapi, kamu hanya disarankan untuk makan buah utuh, ya!

Banyak-banyaklah beristirahat agar demam bisa cepat turun. Namun, jika dalam tiga hari demam nggak kunjung sembuh, baiknya segera periksakan diri ke dokter – SOLID BERJANGKA