Tips Sebelum Olahraga Pagi Hari – PT Solid Gold Berjangka

PT SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG – Tips penting sebelum berolahraga lari banyak macamnya. Olahraga lari merupakan salah satu olahraga yang digemari banyak orang.

Karena selain dapat dilakukan di mana saja juga tidak memerlukan banyak biaya.

Olahraga lari memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan kesehatan, memperlancar aliran darah serta meningkatkan kebugaran tubuh.

Lari juga dapat memicu tubuh untuk mengeluarkan hormone dan enzim yang merangsang jantung dan
otot bekerja lebih baik.

olahraga lari pagi sangat baik untuk membakar kalori. Berlari dengan kecepatan 8 km/jam akan membakar sekitar295 kalori.

Sementara berjalan dengan kecepatan sekitar 5,5 km/jam mampu membakar 140 kalori.

Berolahraga dapat membantu upaya penurunan berat badan dengan setidaknya berolahraga 3 kali seminggu dengan total waktu sekitar 60-90 menit.

Bagi pemula, olahraga lari dapat mulai dilakukan dengan durasi sekitar 10 menit per hari. Kemudian di tingkatkan secara bertahap.

Dirangkum dari beberapa sumber, sebelum memulai berolahraga lari alangkah lebih baik untuk memperhatikan tips penting sebelum berolahraga berikut

Jangan Makan Banyak

Seseorang pasti membutuhkan energi untuk berolahraga. Salah satu cara untuk mendapatkan energi adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat.

Tetapi mengonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak tentu bukan tindakan yang tepat.

Saat berlari, proses pencernaan akan berjalan lamban dan aliran darah ke dalam sistem gastro-intestinal (GI) dialihkan ke otot untuk berolahraga.

Sehingga makanan tidak dapat dicerna dengan normal dan dapat menimbulkan kram.

Pemanasan dan Pendinginan

Sebelum melakukan olahraga, sebaiknya lakukanlah pemanasan terlebih dahulu.

Pemanasan berguna untuk membawa detak jantung dari kecepatan pelan ke detak jantung latihan.

Pemanasan lebih difokuskan pada otot-otot tubuh bagian bawah (tungkai) yang digunakan untuk berlari.

Setelah melakukan olahraga, sebaiknya segera lakukan pendinginan dan peregangan kembali untuk mengurangi rasa pegal, mengurangi risiko cedera, serta meningkatkan kelenturan.

Kenali Lintasan

Sebelum berlari, mengenali lintasan menjadi hal yang harus dilakukan.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi segala sesuatu. Seperti mencari tau medan lintasan yang akan dilalui, apakah menanjak, menurun, berliku atau licin.

Perhatikan Pakaian

Perhatikanlah pakaian yang akan digunakan sebelum berlari.

Sebaiknya gunakanlah pakaian yang menyerap dan tidak terlalu ketat dan berpori, seperti bahan polypropylene atau coolmax dan supplex.

Sebisa mungkin hindari penggunaan bahan katun, karena cenderung menjadi basah ketika terkena keringat dan memberikan rasa yang tidak nyaman – PT SOLID GOLD BERJANGKA