PT SOLID GOLD BERJANGKA    –     Nilai Tukar Rupiah Perkasa Terhadap USD

PT SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG     –    harian solid selasa (13/09) nilai tukar Rupiah terhadap USD kembali menguat. Rupiah dibuka di level Rp 13.181 per USD atau menguat dibanding penutupan perdagangan sebelumnya di Rp 13.236 per USD. Mengutip data Bloomberg, Rupiah bergerak fluktuatif usai pembukaan. Nilai tukar menyentuh level terendahnya di Rp 13.150 pada 20 menit awal perdagangan. Saat ini, Rupiah kembali bergerak melemah di Rp 13.160 per USD.

Nilai tukar USD terhadap mata uang utama dunia lainnya memang bergerak melemah hari ini. Kurs USD jatuh pada Senin karena pernyataan-pernyataan “dovish” oleh seorang pejabat penting Federal Reserve mengurangi ekspektasi untuk kenaikan suku bunga pada bulan ini. Gubernur Fed Lael Brainard, anggota voting komite kebijakan bank sentral AS mengatakan dalam sebuah pidato di Chicago bahwa sementara kemajuan ekonomi berlanjut akan bijaksana bagi Fed untuk mempertahankan kebijakan moneter yang longgar.

Indeks dolar, yang melacak USD terhadap enam mata uang utama, turun 0,28 persen menjadi 95,067 pada akhir perdagangan.

Dari sumber lain Rupiah ditutup melemah 45 poin atau senilai dengan 0,34% di level Rp 13.108 per USD setelah diperdagangkan pada kisaran  Rp 13.065 – Rp 13.132 per USD. Samuel Sekuritas Indonesia menilai pelemahan rupiah pada akhir pekan lalu dipicu oleh sentimen negatif dari global.

Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta mengatakan ECB memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan dan target pembelian aset. Hal itu mendorong euro untuk menguat dan mencegah indeks USD menguat tajam di saat angka initial jobless claims turun cukup drastis.

“Harga minyak serta pertambahan uang tebusan tax amnesty yang membaik masih akan mencegah rupiah untuk melemah terlalu tajam. Rupiah melemah terpicu sentimen global yang kurang positif,” katanya dalam riset. Pelemahan nilai tukar rupiah terjadi di saat hampir seluruh mata uang lainnya di kawasan Asia Tenggara bergerak melemah.

Ringgit Malaysia terpantau melemah 0,77%, dolar Singapura melelmah 0,18%, peso Filipina terdepresiasi 0,79%, sedangkan baht Thailand menguat 0,02%. Sementara itu, indeks USD terpantau melemah 0,08% atau senilai dengan 0,073 poin ke level 94,954    –   SOLIDGOLD BERJANGKA

sumber : merdeka.com