PT SOLID GOLD BERJANGKA  –  Rupiah Berada Dikasaran Rp 13.000

PT SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG  –  Kamis (18/08) nilai tukar Rupiah terhadap USD tidak jauh dari level Rp 13.100 per USD. Rupiah dibuka di Rp 13.115 per USD atau menguat tipis dibanding dari penutupan perdagangan kemarin di Rp 13.147 per USD.

Mengutip dari data Bloomberg, Rupiah saat ini hanya mampu menyentuh level Rp 13.100 per USD dan kemudian kembali melemah ke Rp 13.115 per USD. BI mencatat pada bulan Juni 2016, nilai tukar Rupiah terhadap USD mengalami penguatan atau apresiasi sebesar 3,4% per mtm ke level Rp 13.213 per USD.

Hal ini dipengaruhi dengan ketidakpastian kenaikan FFR yang mulai meredanya , kemudian terbatasnya dampak Brexit dan meningkatnya sentimen positif atas pengesahan UU Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty. Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara mengatakan, dampak Brexit terhadap Rupiah cenderung terbatas, dibandingkan dengan mata uang lainnya dan hanya berlangsung singkat.

Menurutnya, penguatan ini juga sejalan dengan pengesahan UU Pengampunan Pajak, perbaikan kondisi makro ekonomi serta perkiraan penundaan kenaikan FFR oleh The Fed. Dari sumber lainnya Rupiah diprediksi akan bergerak terbatas terhadap USD karena belum adanya sentimen yang signifikan. Nilai tukar rupiah terhadap USD diperkirakan bergerak di level support Rp13.109 per USD, serta resisten di posisi Rp13.069 per USD.

Akan tetapi, di tengah pelemahan USD tersebut, kata Reza, mata uang yen melemah lebih dalam setelah berkurangnya keyakinan pasar terhadap efektivitas program stimulus BoJ. Akibatnya Rupiah cenderung melemah tipis terimbas secara tidak langsung pergerakan Yen tersebut. Sebagaimana sebelumnya sudah dikatakan, rilis Neraca Perdagangan Indonesia yang mengalami surplus USD 590 juta cukup direspon positif oleh pelaku pasar valas, meski dari sisi ekspor dan impornya cenderung menurun, dimana Rupiah kembali bergerak menguat di level Rp 13.098 per USD. Keadaan ini diharapkan mampu mematahkan tren sideways, sehingga rupiah dapat keluar dari range konsolidasi   –   SOLIDGOLD BERJANGKA

sumber : merdeka.com