PT SOLID GOLD BERJANGKA  –  Pasar Asia, Trump Rencanakan Kenaikan Pajak

PT SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG – Sejumlah indeks saham di Asia melemah, sementara usd mempertahankan penguatannya menyusul pernyataan Gubernur The Fed Janet Yellen yang mendorong ekspektasi kenaikan suku bunga AS pada Desember. Indeks Topix Jepang melemah 0,7%. Adapun indeks S&P/ASX 200 Australia dan indeks Kospi Korea Selatan berbalik turun ke zona merah.

Pada saat yang sama, indeks dolar AS naik 0,1% ke level tertingginya dalam satu bulan. Dolar bergerak menuju penguatan di hari ketiga setelah Yellen menyatakan bahwa kenaikan biaya pinjaman secara bertahap adalah sikap kebijakan yang tepat di tengah ketidakpastian seputar inflasi.

Pernyataan tersebut memperkuat perkiraan bank sentral AS itu untuk satu kenaikan Fed Funds Rate lagi tahun ini. Probabilitas kenaikan suku bunga acuan pada pertemuan The Fed bulan Desember saat  ini naik menjadi 70% dari 63% pada hari Senin. Greenback juga ditopang kerangka kebijakan Presiden AS Donald Trump yang banyak diantisipasi untuk memangkas pajak.

Saham di Asia berjuang untuk membuat penguatan lebih lanjut setelah mencapai rekor tertinggi awal bulan ini. Pernyataan sejumlah pejabat bank sentral di Kanada, Inggris, dan AS melanjutkan pekan yang ramai dengan isu kebijakan moneter, sementara isu geopolitik tetap bertahan. Trump dan para pemimpin partai Republik direncanakan akan mengumumkan rencana pajaknya pada hari ini waktu setempat, pemangkasan tarif pajak untuk korporasi, serta usulan tarif pajak penghasilan tertinggi individu sebesar 35%.  –  PT SOLID GOLD BERJANGKA